Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Juara Piala Thomas 2022, Sejarah Baru Terukir Negeri Gajah Putih

Kompas.com - 15/05/2022, 17:15 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber BWF

KOMPAS.com - Tim putra India berhasil menjadi juara Piala Thomas 2022 usai mengalahkan Indonesia di partai final. Sejarah baru pun terukir di Negeri Gajah Putih, Thailand.

India membuat kejutan dengan melaju ke final Piala Thomas 2022 yang kali ini diselenggarakan di Bangkok, Thailand.

Bagi India, ini merupakan kali pertama mereka menembus final kejuaraan bulu tangkis beregu putra paling bergengsi tersebut.

Di partai final Piala Thomas 2022, India berjumpa sang juara bertahan, Indonesia.

Baca juga: Hasil Final Piala Thomas Indonesia Vs India 0-3: Jojo Kalah, India Rebut Piala Thomas

Melakoni laga final Piala Thomas 2022 di Impact Arena pada Minggu (15/5/2022) siang WIB, India sukses meraih kemenangan 3-0.

Pada partai pertama, tunggal putra India yakni Lakshya Sen berhasil menaklukkan Anthony Sinisuka Ginting lewat rubber game yang berakhir dengan skor 21-8, 17-21, dan 16-21.

Tim putra India lantas menggandakan keunggulan ketika ganda putra nomor 8 dunia milik mereka, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, menang atas Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Baca juga: Ginting Usai Kalah di Final Piala Thomas 2022: Sangat Kecewa...

Ahsan/Kevin yang menjadi pasangan dadakan di Piala Thomas 2022 kalah dari Rankireddy/Shetty dalam duel tiga gim yang berkesudahan dengan skor 21-18, 21-23, dan 19-21.

India lantas mengunci kemenangan atas Indonesia pada partai final Piala Thomas melalui kemenangan Srikanth Kidambi atas Jonatan Christie pada partai ketiga.

Srikanth Kidambi mampu menekuk Jonatan Christie dua gim langsung dengan skor 21-15 dan 23-21.

Pebulu tangkis ganda putra India Satwiksairaj Rankireddy (kanan) dan Chirag Shetty (tengah) meluapkan kegembiraanya dengan pelatih usai mengalahkan pebulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo dalam pertandingan babak final Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022).  India tampil sebagai juara Piala Thomas 2022 mengalahkan Indonesia 3-0.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Pebulu tangkis ganda putra India Satwiksairaj Rankireddy (kanan) dan Chirag Shetty (tengah) meluapkan kegembiraanya dengan pelatih usai mengalahkan pebulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo dalam pertandingan babak final Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022). India tampil sebagai juara Piala Thomas 2022 mengalahkan Indonesia 3-0.

Baca juga: Daftar Juara Piala Uber: Raih Gelar Kedua, Korea Selatan Dekati Indonesia

Kemenangan Srikanth Kidambi atas Jonatan Christie tersebut membuat India memastikan kemenangan atas Indonesia pada final Piala Thomas 2022.

Sejarah baru pun tercipta. Untuk kali pertama dalam sejarah, India sukses menjuarai Piala Thomas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com