Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Raket Anthony Ginting dan Kevin Sanjaya di Piala Thomas 2022

Kompas.com - 13/05/2022, 15:00 WIB
Mochamad Sadheli

Penulis

KOMPAS.com - Raket dalam bulu tangkis adalah salah satu alat penting selain net dan shuttlecock (kok). Adapun alat pemukul dalam bulu tangkis dinamakan raket.

Raket dalam permainan bulu tangkis adalah alat pemukul kok yang terdiri dari kepala dengan permukaan datar serta gagang sebagai pegangan pemain.

Ukuran raket bulu tangkis yaitu dengan panjang sekitar 665 hingga 680 mm. Kemudian, lebar permukaan kepala 220 sampai 230 meter, serta diameter 25,4 mm.

Kepala raket diisi dengan rangkaian senar, yang menjadi bagian perkenaan raket terhadap kok untuk diarahkan ke wilayah lawan.

Baca juga: Ukuran Raket Bulu Tangkis

Dalam bagian tersebut seringkali terdapat logo atau merek raket. Setiap pebulu tangkis memiliki merek raket yang berbeda-beda.

Pemilihan raket bagi atlet biasanya soal kenyamanan dan kecocokan. Selain itu, ada juga latar belakang bisnis dari pemilihan raket atlet.

Seperti halnya raket milik Anthony Sinisuka Ginting dan Kevin Sanjaya Sukamuljo di ajang Thomas Cup 2022 atau Piala Thomas 2022.

Raket Anthony Sinisuka Ginting

Pada ajang Thomas Cup 2022, Anthony Ginting memakai raket bermerek Li Ning, lebih tepatnya seri Aeronaut 9000 berwarna putih-emas.

Baca juga: Jenis dan Tipe Raket Bulu Tangkis

Raket tersebut berbahan nano alloy technology yang lentur tapi tak mudah patah.

Adapun berat raket tersebut 86 gram dengan ukuran pegangan tangan 21 cm atau S1.

Soal harga, harga raket Anthony Ginting ada di kisaran Rp 3,8 juta berdasarkan situs resmi Li Ning Malaysia.

Namun, jika di pasaran Indonesia masih di bawah harga tersebut. Sekitar Rp 2-3 juta.

Raket Kevin Sanjaya Sukamuljo

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan (kanan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) mengembalikan kok saat melawan pebulu tangkis ganda putra Korea Selatan Kang Minhyuk dan Seo Seungjae dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/2022). Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo kalah dari ganda putra Korsel dengan skor 18-21, 21-13 dan 12-21. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.M RISYAL HIDAYAT Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan (kanan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) mengembalikan kok saat melawan pebulu tangkis ganda putra Korea Selatan Kang Minhyuk dan Seo Seungjae dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/2022). Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo kalah dari ganda putra Korsel dengan skor 18-21, 21-13 dan 12-21. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

Pada ajang Piala Thomas 2022, Kevin Sanjaya terlihat menggunakan raket merek Yonex. Jika ditelisik lebih dekat, dia memakai tipe Yonex Astro Pro seri 88S.

Baca juga: Indonesia Badminton Festival, Berapa Tarikan Senar Raket Marcus/Kevin?

Dikutip dari situs resmi Yonex, raket Kevin Sanjaya berwarna biru emerald dipadukan hitam dan sedikit warna kuning emas.

Bagian kepala raket tersebut berbentuk isometric yang membuat sweet spot lebih lebar dibanding kepala berbentuk round atau oval.

Berapa tarikan senar raket Kevin Sanjaya? Berdasarkan pantauan Kompas.com saat ajang Indonesia Badminton Festival 2020 di Bali, Kevin Sanjaya meminta senar tarikan di angka 33-35.

Permintaan tersebut tentu sangat tinggi mengingat kekuatan tarikan pada raket biasanya hanya mencapai 30 lbs saja.

Soal harga, harga raket Kevin Sanjaya sekitar di angka Rp 2,5 juta.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Tarikan Senar Raket untuk Pemula?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com