Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Final Badminton Asia Championship 2022: Lakoni Duel Sengit Vs Lee Zii Jia, Jonatan Sumbang Perak

Kompas.com - 01/05/2022, 17:18 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Jonatan Christie harus mengakui keunggulan Lee Zii Jia dalam duel sengit pada partai final Badminton Asia Championship atau Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 sektor tunggal putra.

Jonatan Christie yang menjadi unggulan keempat Badminton Asia Championship 2022 berjumpa unggulan ketiga asal Malaysia, Lee Zii Jia.

Ini merupakan perjumpaan keenam Jonatan Christie dengan Lee Zii Jia. Dari lima duel sebelumnya, Jonatan unggul dengan empat kemenangan.

Adapun, satu-satunya kemenangan Lee Zii Jia atas Jonatan Christie diraih pada pertemuan terakhir di ronde pertama All England Open 2020.

Kali ini, Lee Zii Jia kembali bisa menaklukkan Jonatan Christie.

Bertanding di Muntinlupa Sports Complex, Manila, pada Minggu (1/5/2022) sore WIB, Lee Zii Jia sukses mengalahkan Jonatan Christie pada final Badminton Asia Championship 2022 dalam pertarungan dua gim yang berakhir dengan skor 21-17 dan 23-21.

Baca juga: Final Badminton Asia Championship: Akane Yamaguchi Tumbang, Pemain Non-Unggulan Juara

Ulasan Pertandingan

Duel Jonatan Christie vs Lee Zii Jia pada final Badminton Asia Championship 2022 langsung berjalan sengit pada awal gim pertama.

Saling kejar poin terjadi. Beberapa kali kesalahan pengembalian Jonatan membuahkan poin bagi Lee Zii Jia.

Permainan net dan smash tajam menjadi andalan Lee untuk mendulang poin. Saat interval gim pertama, tunggal putra peringkat tujuh dunia itu unggul 11-9 atas Jonatan.

Selepas interval, Jonatan Christie mampu menyamakan poin menjadi 13-13. Namun lagi-lagi, smash deras dan penempatan bola jitu kembali menjadi pendulang poin bagi Lee Zii Jia.

Lee berhasil mendapatkan enam poin beruntun, sementara Jonatan terpaku di poin 13. Gim pertama akhirnya menjadi milik Lee Zii Jia dengan skor 21-17 atas Jonatan Christie.

Baca juga: Final Badminton Asia Championship 2022: Borong 3 Gelar, China Dominasi Podium Juara

Pada gim kedua, Jonatan membuat awal impresif dengan mengemas tiga poin beruntun. Akan tetapi, Lee Zii Jia mampu membalas dan menyamakan angka menjadi 3-3.

Duel sengit kembali terjadi. Jonatan dan Lee Zii Jia saling kejar poin. Serangan Lee lewat kombinasi smash dan drop shot mampu membongkar pertahanan Jonatan. Saat interval gim kedua, Lee unggul 11-10 atas Jonatan.

Jonatan cepat merespons. Ia mampu mendapatkan tiga poin beruntun untuk membalikkan ketertinggalan. Kini, Jonatan memimpin 13-11 atas Lee.

Lee Zii Jia sempat meninggalkan Jonatan Christie dengan skor 15-13. Namun, perjuangan keras Jonatan membuat ia bisa menyamakan poin, 15-15.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com