Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gresini Racing Bawa Indonesia di Lintasan Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 20/03/2022, 04:48 WIB
Josephus Primus

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Tinggal hitungan jam, Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 mewujudkan balapan motor MotoGP pada Minggu (20/3/2022).

Balapan sepanjang 27 putaran atau lap MotoGP 2022 berlangsung mulai pukul 15.00 Waktu Indonesia bagian tengah (Wita) di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pada lomba itu, sebagaimana pandangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno, Tim Gresini Racing akan membawa Indonesia di lintasan sirkuit itu.

Pasalnya, pada balapan seri kedua dari total 21 agenda balap motor MotoGP 2022, ada logo dengan kata-kata "Wonderful Indonesia" di bagian sayap depan dua motor Ducati tunggangan pebalap Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio.

Pembalap tim Gresini Racing MotoGP Italia, Fabio Di Giannantonio, saat mengikuti sesi latihan bebas balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/BAY ISMOYO Pembalap tim Gresini Racing MotoGP Italia, Fabio Di Giannantonio, saat mengikuti sesi latihan bebas balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

Baca juga: Bastianini Juara MotoGP Qatar: Akhir Penantian 16 Tahun dan Persembahan untuk Fausto Gresini

"Gresini Racing merupakan tim balap yang berkolaborasi dengan Kemenparekraf," kata Sandiaga Uno sebagaimana rilis keluaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Media Center Indonesia (MCI) di Mandalika, Sabtu (19/3/2022).

Panjang lintasan di Sirkuit Mandalika adalah 4,31 km.

Lintasan ini punya 17 tikungan.

Kendati begitu, catatan rancangan awal Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4,32 km, berikut 19 tikungan.

Pebalap tim Gresini Racing MotoGP Italia Enea Bastianini (depan kiri) saat konferensi pers jelang balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah pada 17 Maret 2022.AFP/SONNY TUMBELAKA Pebalap tim Gresini Racing MotoGP Italia Enea Bastianini (depan kiri) saat konferensi pers jelang balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah pada 17 Maret 2022.

Lantas dari 17 tikungan tersebut, terdapat 11 belokan ke kanan dan 6 belokan ke kiri bertipe searah jarum jam atau clockwise.

Pada bagian berikutnya, kata Sandiaga Uno, pergelaran balap motor MotoGP 2022 harus membawa optimisme kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sandiaga Uno mengingatkan bahwa balap motor MotoGP 2022 akan menjadi suguhan pariwisata olahraga (sport tourism) menarik bagi para penggemar MotoGP dan wisatawan.

Gresini Racing, pada seri pertama MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (6/3/2022), menempatkan pebalapya, Enea Bastianini sebagai pemuncak balapan.

Suguhan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan pada Sabtu (19/3/2022) di Mandalika, pergelaran balap motor MotoGP 2022 harus membawa optimisme kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
Kemenparekraf Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan pada Sabtu (19/3/2022) di Mandalika, pergelaran balap motor MotoGP 2022 harus membawa optimisme kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno menerangkan sejak ketibaan di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), para wisatawan sudah mendapatkan suguhan ornamen dan hiasan khas MotoGP.

Di BIZAM, wisatawan mendapat juga suguhan deretan produk ekonomi kreatif dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta berbagai karya seni dari desa wisata di Lombok.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com