Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil 20 Pebalap yang Tampil di Parade MotoGP di Jakarta Hari Ini

Kompas.com - 16/03/2022, 04:51 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - Parade pebalap MotoGP akan digelar di Jakarta pada Rabu (16/3/2022).

Acara ini merupakan bagian dari promosi MotoGP Indonesia yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada akhir nanti.  

Nantinya, ada 20 pebalap yang mengikuti parade. Marc Marquez turut ambil bagian dalam parade ini.

Selain The Baby Alien, panggilan Marc Marquez, pebalap lain yang notabene binaan Red Bull juga ambil bagian.

Baca juga: Jadwal MotoGP Mandalika: Daftar Agenda Kegiatan Pebalap di Indonesia

Saat ini, MotoGP, Moto2, dan Moto3 memang didominasi pebalap produk minuman berenergi nomor 1 di dunia asal Austria tersebut.

Dorna selaku penyelenggara MotoGP dalam pernyataan resminya menjelaskan, parade itu bakal dilepas oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Merdeka menuju Hotel Kempinski. 

"Dua puluh lima tahun telah berlalu sejak kali terakhir MotoGP dalam semua kejayaannya menggelar balapan di Indonesia. Untuk menandai momen yang ditunggu-tunggu, penyelenggara mengadakan pertunjukan yang tidak akan pernah dilupakan oleh masyarakat Jakarta," tulis Dorna dalam keterangan resminya.

"Para pebalap MotoGP, Moto2, Moto3 dan IATC akan turun ke jalanan di pusat Jakarta. Pemimpin parade tidak lain adalah Presiden Indonesia (Joko Widodo) sendiri," jelas Dornal dalam keterangannya. 

Baca juga: Jadi Bagian yang Diperbaiki Jelang MotoGP Mandalika, Apa Itu Kerb?

Berikut profil 20 pebalap MotoGP tersebut:

1. Marc Marquez

Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju garasi tim pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.ANDIKA WAHYU Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju garasi tim pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.

Siapa yang tidak kenal dengan juara dunia MotoGP satu ini? Pada usia muda, pebalap berpaspor Spanyol ini sudah menggebrak dengan menjadi juara dunia di musim debutnya di ajang GP 125. Di kelas Moto2, dia juga mengkoleksi 1 juara dunia. 

Pada 2013, pebalap yang tergabung sebagai Red Bull Athletes itu menjadi juara dunia MotoGP dengan mengemas 328 poin.

Hingga 2022, pebalap berjuluk The Baby Alien itu menjadi salah satu pebalap tersukses dengan raihan 6 gelar juara dunia MotoGP dengan 59 kemenangan dan 99 podium.

Baca juga: Prakiraan Cuaca MotoGP Mandalika 2022, Hujan Ringan saat Balapan

2. Pol Espargaro

Pol Espagarocrashnet Pol Espagaro

Rekan setim Marquez di Repsol Honda juga akan berparade di Jakarta. Sebelum hijrah ke tim pabrikan Jepang, Pol sempat membela Red Bull KTM Racing. 

Lama berkarier di tim Red Bull KTM, pebalap kelahiran Spanyol ini berharap akan menorehkan poin maksimal di musim 2022 bersama Honda.

Terbukti Ia berhasil meraih pole position di sirkuit Silverstone dan berhasil naik podium di Sirkuit Misano.

3. Brad Binder

Pebalap Red Bull KTM, Brad Binder, merayakan kemenangannya pada balapan MotoGP Austria 2021 di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (15/8/2021) malam WIB.JOE KLAMAR Pebalap Red Bull KTM, Brad Binder, merayakan kemenangannya pada balapan MotoGP Austria 2021 di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (15/8/2021) malam WIB.

Brad Binder menjadi kuda hitam di MotoGP dalam dua musim terakhir. Rider asal Afrika Selatan yang tergabung dalam tim Red Bull KTM Racing ini bahkan sudah mencicipi naik podium. 

Musim 2021, Binder berhasil meraih posisi 6 klasemen, yang membuatnya percaya diri akan meraih poin maksimal di 2022 nanti. 

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung MotoGP Mandalika, Balapan Sore Hari 27 Lap

4. Miguel Oliveira 

Pebalap tim Red Bull KTM Racing ini membuat kesan besar di MotoGP, setelah mencapai serangkaian hasil yang mengesankan di Moto2. 

Di MitoGO, podium juga sudah dipersembahkan Oliveira saat masih berada di KTM Tech 3 dan juga ketika pindah ke tim pabrikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com