Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Invasi Rusia ke Ukraina, 7 Negara Besar Dukung Sanksi Olahraga untuk Rusia

Kompas.com - 10/03/2022, 18:18 WIB
Josephus Primus

Penulis

 

LONDON, KOMPAS.com - Masih panjang buntut dari kebijakan Rusia menyerang Ukraina hingga kini.

Informasi paling mutakhir menunjukkan ada 37 negara sudah meneken kesepakatan mengenai usulan pemberian sanksi olahraga kepada Rusia.

"Sanksi itu juga kami tujukan kepada Belarus," kata Menteri Kebudayaan Inggris Nadine Dorries pada Rabu (9/3/2022).

Nadine Dorries bersama sekondannya, Menteri Olahraga Inggris Nigel Huddleston adalah dua sosok di balik kesepakatan itu.

Sementara, selain Inggris, beberapa negara yang ikut berpartisipasi membubuhkan tanda tangan pada kesepakatan itu adalah Perancis, Jerman, Jepang, Australia, Kanada, dan Amerikat Serikat.

Petenis Ukraina, Sergiy Stakhovsky, memotret jejak bola dengan iPhone, karena tidak puas dengan keputusan wasit, saat melawan Richard Gasquet di babak pertama French Open, Senin (27/5/2013).MICHEL SPINGLER/AP Petenis Ukraina, Sergiy Stakhovsky, memotret jejak bola dengan iPhone, karena tidak puas dengan keputusan wasit, saat melawan Richard Gasquet di babak pertama French Open, Senin (27/5/2013).

"Kebijakan Rusia dan Belarusia melanggar kewajiban tanggung jawab internasional," kata pernyataan bersama tersebut.

Baca juga: Rusia Serang Ukraina, Ada Inggris di Balik Usulan Sanksi Olahraga untuk Rusia

Sebanyak 37 negara itu kembali mengingatkan kewajiban menghormati hak asasi manusia, hubungan damai antarbangsa sebagai landasan olahraga internasional.

Sanksi

Fedor Smolov, saat bermain untuk timnas Rusia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, pada 7 September 2021 lalu.NATALIA KOLESNIKOVA Fedor Smolov, saat bermain untuk timnas Rusia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, pada 7 September 2021 lalu.

Di dalam kesepakatan 37 negara itu ada seruan agar Rusia dan Belarus tidak mendapatkan izin menjadi penyelenggara kegiatan-kegiatan olahraga internasional.

Kesepakatan itu juga menyuarakan agar Rusia dan Belarus tidak memperoleh izin untuk ikut dalam lelang penyelenggaraan lokasi tuan rumah olahraga internasional.

"Kami juga menyerukan agar Rusia dan Belarus tidak mendapatkan penghargaan olahraga internasional," kata pernyataan itu.

Tak cuma itu, pada kesepakatan bersama tersebut termaktub seruan agar atlet individual yang diseleksi oleh Rusia dan Belarus, termasuk tim administrasi, dan tim perwakilan mendapatkan larangan berlaga di negara-negara di luar Rusia dan Belarus.

Usulan larangan itu mencakup juga kehadiran perwakilan, nama kota, dan merek olahraga Rusia dan Belarus.

Termutakhir, federasi sepak bola internasional (FIFA) sudah menerapkan kebijakan seperti di atas untuk klub maupun tim nasional Rusia dan Belarus.

Gelandang Belanda, Davy Proepper (atas), menyundul bola saat berduel dengan pemain Belarus, Sergei Balanovich dalam partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Minsk, 7 Oktober 2017.AFP Gelandang Belanda, Davy Proepper (atas), menyundul bola saat berduel dengan pemain Belarus, Sergei Balanovich dalam partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Minsk, 7 Oktober 2017.

Pada bagian selanjutnya, 37 negara itu menyambut baik kebijakan Komite Paralimpiade Internasional (IPC).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com