Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usulan Sarana Akomodasi Masuk Panduan MotoGP Mandalika 2022

Kompas.com - 15/02/2022, 14:55 WIB
Josephus Primus

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Ada kepercayaan penting bagi Indonesia mewujudkan perhelatan balap motor bertajuk MotoGP Mandalika 2022.

Balapan itu akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

Usai menjadi tuan rumah pramusim MotoGP 2022, Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP Mandalika 2022.

Suasana paddock WSBK Mandalika pada free practice (FP) 2, Jumat (19/11/2021) di Sirkuit Mandalika, Lombok.KOMPAS.com/Mochamad Sadheli Suasana paddock WSBK Mandalika pada free practice (FP) 2, Jumat (19/11/2021) di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Pramusim dilaksanakan pada 11-13 Februari 2022.

Baca juga: Prokes Covid-19 Wajib Ada di Panduan MotoGP Mandalika 2022

Sementara, balap MotoGP Mandala 2022 berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @pecco63 Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

Baik pramusim dan MotoGP Mandalika 2022 berlokasi di tempat sama yakni Sirkuit Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Terkini, pada rapat koordinasi mengenai MotoGP Mandalika 2022, Senin (14/2/2022), Komandan Lapangan Sirkuit Mandalika Hadi Tjahjanto meminta agar penyelenggara menerbitkan panduan tentang MotoGP Mandalika 2022.

Lanskap Bukit Merese, Lombok Tengah, NTB, Minggu (4/8/2019). Bukit Merese merupakan salah satu destinasi wisata di Lombok Tengah untuk menyaksikan matahari terbenam.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Lanskap Bukit Merese, Lombok Tengah, NTB, Minggu (4/8/2019). Bukit Merese merupakan salah satu destinasi wisata di Lombok Tengah untuk menyaksikan matahari terbenam.

"Panduan itu bisa dimanfaatkan oleh penonton, pebalap, petugas lapangan dan kru balap MotoGP Mandalika 2022," ucap Hadi Tjahjanto yang pernah menjadi Panglima TNI.

Hadi menyebut, panduan MotoGP Mandalika 2022 bisa berupa brosur atau buku saku.

Selain berisi data peta dan tata letak Sirkuit Mandalika yang terpadu, buku panduan bisa berisi juga tata laksana pencegahan meluasnya pandemi Covid-19 hingga sarana akomodasi mulai dari tempat penginapan, hotel, resor, serta jalur transportasi dari dan menuju Sirkuit Mandalika.

Pemandangan di Teluk Torok, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).  Teluk Torok yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah itu hanya berjarak sekitar 25 kilometer dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) Lombok dan Sirkuit Mandalika ke arah selatan. Invest Indonesia Islands Pemandangan di Teluk Torok, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Teluk Torok yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah itu hanya berjarak sekitar 25 kilometer dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) Lombok dan Sirkuit Mandalika ke arah selatan.

 

Warga berburu nyale di Pantai Seger, Lombok Tengah, NTB, dalam Festival Pesona Bau Nyale 2020. Dok. Kemenparekraf Warga berburu nyale di Pantai Seger, Lombok Tengah, NTB, dalam Festival Pesona Bau Nyale 2020.

Catatan dari rilis tertulis PT Invest Indonesia Islands pada Selasa (15/2/2022), selanjutnya, menunjukkan bahwa Sirkuit Mandalika membuka peluang pariwisata bagi NTB maupun Indonesia.

Pemerintah Indonesia sudah menetapkan Mandalika sebagai destinasi superprioritas.

Tercatat, di sekitar Sirkuit Mandalika, setidaknya ada enam destinasi wisata unggulan yakni Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Pantai Tanjung Bongo, Pantai Kuta Mandalika, Pantai Seger, dan Desa Sade.

Desa Sade, salah satu kawasan pengrajin tenun ikat dan songket Lombok.www.indonesia.travel Desa Sade, salah satu kawasan pengrajin tenun ikat dan songket Lombok.

"MotoGP Mandalika 2022 akan memberikan pengalaman yang benar-benar menggembirakan," kata pernyataan rilis itu.

Menurut rilis itu pula, PT Invest Indonesia Islands merancang kawasan yang akan bernama Gran Melia Lombok Resort & Spa.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com