Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proliga 2022: Pandemi Covid-19 Jadi Musuh Utama Bandung BJB Tandamata

Kompas.com - 15/02/2022, 13:20 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Tim bola voli putri Bandung BJB Tandamata memperketat protokol kesehatan. Hal tersebut dilakukan sebagai respons atas meningkatnya kasus Covid-19 di Proliga 2022.

Badai Covid-19 yang menerpa kompetisi bola voli profesional Indonesia itu berdampak pada penundaan sejumlah pertandingan. Tercatat sudah tiga partai mengalami penundaan akibat adanya pemain yang terpapar virus corona.

Ketiga duel yang tertunda tersebut antara lain pertandingan antara Jakarta Pertamina Pertamax vs Kudus Sukun Badak, yang seharusnya digelar pada Jumat (11/2/2022).

Kemudian, pertandingan antara Jakarta Elektrik PLN vs Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia (putri) dan Jakarta Pertamina Pertamax dan Palembang Bank Sumsel Babel (putra). Kedua laga tersebut seharusnya digelar pada Minggu (13/2/2022).

Baca juga: Tatap Putaran 2 Proliga 2022, Bandung BJB Rombak Susunan Pelatih dan Pemain

Asisten manajer Bandung BJB Tandamata, Adik Rega Pahla, mengatakan, timnya langsung meningkatkan dan memperketat protokol kesehatan demi memutus penyebaran Covid-19.

"Kami dari awal sudah menerapkan prokes ketat. Setelah selesai putaran satu kita perketat lagi, karena kondisinya semakin ke sini semakin meningkat," kata Adik kepada wartawan, Senin (14/2/2022).

Dalam menjaga para pemainnya dari paparan virus corona, Bandung BJB senantiasa melakukan tes PCR dan antigen secara berkala. Tujuannya, agar tidak terjadi penyebaran secara massal di dalam tim.

Sejumlah aturan pun diperketat. Para pemain dilarang meninggalkan hotel untuk menjalani aktivitas di luar kegiatan tim. Wilda Siti Nurfadillah dkk baru diperbolehkan meninggalkan hotel saat tim menggelar sesi latihan atau melakoni pertandingan.

"Kita rutin melakukan antigen, PCR juga. Dan menjelang pertandingan panitia pun menyediakan antigen. Intinya prokes kita perketat semua untuk menjaga agar tidak terpapar Covid-19," ucap Adik.

Penyebaran virus corona di tanah air tengah meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Hal tersebut tentu harus menjadi perhatian semua pihak, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga: Hasil Proliga 2022 - Kalahkan Surabaya Samator, Jakarta Pertamina Pertamax Juara Putaran I

Dikatakan Adik, penyelenggaraan Proliga 2022 memang digelar dalam situasi luar biasa karena pandemi Covid-19. Oleh karena itu selain lawan yang menjadi "musuh" di lapangan, Covid-19 menjadi musuh utama.

"Musuh utama kita sebenarnya itu bukan lawan tapi pandemi ini. Kita harus bisa memastikan tim dalam keadaan sehat," ujarnya.

Proliga 2022 telah memasuki putaran kedua. Bandung BJB pun mengawali kiprahnya di putaran kedua dengan hasil positif.

Yolla Yuliana dan kolega berhasil meraih kemenangan meyakinkan atas Jakarta Mandiri Popsivo Polwan dengan skor 3-0 (25-21, 25-13, dan 25-15), dalam pertandingan yang berlangsung di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Bogor, Sabtu (12/2/2022).

Pelatih Bandung BJB Tandamata Alim Suseno, mengaku cukup puas dengan hasil positif serta penampilan yang ditunjukan anak asuhnya sepanjang laga tersebut.

"Alhamdulillah, kita diberikan kemudahan kelancaran dalam bertanding. Saya menginstruksikan kepada anak-anak untuk bermain lepas jangan ada beban, dan terbukti anak-anak bermain bagus," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com