Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khairul Fahmi: Kiper Malaysia di Piala AFF 2020, Pernah Jadi Mimpi Buruk Timnas Indonesia

Kompas.com - 07/12/2021, 08:45 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Bersama timnas Malaysia, Khairul Fahmi pernah menjadi mimpi buruk timnas Indonesia pada Piala AFF 2010. Pada Piala AFF 2020 ini, Khairul Fahmi kembali menghuni skuad Harimau Malaya.

Pada usia 32 tahun, Khairul Fahmi yang kini bermain untuk klub Melaka United masih menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang timnas Malaysia.

Kiper kelahiran Kota Bharu itu mengawal gawang Malaysia pada laga pembuka Grup B Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Stadion Bishan, Singapura, Senin (6/12/2021).

Dengan Khairul Fahmi berdiri mengisi pos penjaga gawang, Malaysia berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor 3-1.

Adapun, Piala AFF 2020 adalah penampilan keenam Khairul Fahmi di turnamen sepak bola negara-negara ASEAN tersebut. Sebelumnya, ia turut membela timnas Malaya pada edisi 2010, 2012, 2014, 2016, dan 2018.

Baca juga: Hasil Piala AFF: Didampingi Keisuke Honda, Kamboja Ditekuk Malaysia 1-3

Mimpi Buruk Timnas Indonesia di Final Piala AFF 2010

Khairul Fahmi menjadi bagian skuad timnas Malaysia saat menjuarai Piala AFF 2010. Itu merupakan gelar Piala AFF pertama bagi Harimau Malaya.

Pada laga final Piala AFF 2010, Malaysia berhasil menaklukkan timnas Indonesia dengan agregat 4-2.

Harimau Malaya menang 3-0 atas Tim Garuda di Bukit Jalil, lalu menderita kekalahan 1-2 di Gelora Bung Karno.

Dalam catatan situs resmi AFF Suzuki Cup, Khairul Fahmi tampil sangat baik pada dua pertandingan final Piala AFF 2010 kontra timnas Indonesia.

Salah satu aksi terbaik Khairul Fahmi pada final leg pertama di Stadion Bukit Jalil adalah ketika ia melakukan penyelamatan terhadap sepak pojok melengkung Firman Utina pada menit ke-21.

Baca juga: Kabar Rival Indonesia di Piala AFF: 2 Pilar Malaysia Positif Covid-19

Kemudian pada final leg kedua di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pemilik nama lengkap Khairul Fahmi Ceh Mat itu menjadi mimpi buruk timnas Indonesia.

Ia mampu menggagalkan tendangan penalti Firman Utina pada awal babak pertama, tepatnya menit ke-19.

Indonesia memang bisa menang 2-1 atas Malaysia. Gol Safee Sali pada menit ke-54 bisa dibalas oleh Muhammad Nasuha (72') dan Muhammad Ridwan (87').

Akan tetapi, dua gol balasan itu tak cukup untuk mengejar defisit gol timnas Indonesia yang kalah tiga gol tanpa balas pada final leg pertama.

Kiper Melaka United, Khairul Fahmi, berduel udara dengan winger Persib Bandung, Febri Hariyadi, saat kedua tim beruji tanding di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (1/2/2020). KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA Kiper Melaka United, Khairul Fahmi, berduel udara dengan winger Persib Bandung, Febri Hariyadi, saat kedua tim beruji tanding di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (1/2/2020).

Baca juga: Keisuke Honda: Sang Petualang yang Bakal Bersua Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Kini, 11 tahun setelah memori final Piala AFF 2010, Khairul Fahmi bakal kembali bertemu timnas Indonesia yang juga menghuni Grup B Piala AFF 2020.

Selain Indonesia dan Malaysia, penghuni Grup B lainnya adalah Laos, Kamboja, dan juara bertahan Vietnam.

Timnas Indonesia dijadwalkan melawan timnas Malaysia pada pertandingan terakhir Grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021) mendatang.

Adapun, lawan pertama Tim Garuda di Piala AFF 2020 adalah Kamboja. Duel timnas Indonesia vs Kamboja bakal digelar di Stadion Bishan, Kamis (9/12/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com