Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pola Langkah dalam Pencak Silat

Kompas.com - 25/11/2021, 15:40 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Pola langkah adalah salah satu teknik dasar pencak silat yang harus diketahui dan dikuasai oleh pesilat.

Dikutip dari modul Jurus Menghadapi Lawan (2020) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian pola langkah pada pencak silat adalah teknik perpindahan atau perubahan posisi yang menguntungkan dalam rangka mendekati atau menjauhi lawan untuk kepentingan serangan dan belaan.

Pola langkah juga dapat diartikan sebagai sebuah cara untuk berjalan mendekati atau menjauhi lawan dengan tujuan mendapatkan posisi yang baik.

Dalam olahraga pencak silat, terdapat enam macam pola langkah.

Baca juga: Serangan Siku dalam Pencak Silat

Keenam pola langkah tersebut harus dikuasai oleh seorang pesilat karena merupakan teknik penting saat melakoni pertandingan.

Lantas apa saja jenis pola langkah dalam pencak silat?

Jenis-jenis Pola Langkah Pencak Silat

1. Pola Langkah Lurus

Pola langkah lurus adalah ketika pesilat melakukan gerak langkah yang menciptakan garis lurus. Pola ini dapat dilakukan dengan cara melangkah maju atau mundur.

2. Pola Langkah Zig-zag

Pola langkah zig-zag adalah ketika pesilat melakukan gerak langkah yang menciptakan bentuk mata gergaji atau zig-zag.

Baca juga: Apa Itu Nomor Seni dalam Pencak Silat?

3. Pola Langkah Huruf "S"

Gerakan pola langkah ini pada dasarnya menggabungkan tiga teknik kuda-kuda yang menciptakan pola huruf S. Jenis kuda-kuda yang dapat digunakan pada pola langkah ini antara lain adalah kuda-kuda samping, belakang, dan tengah.

4. Pola Langkah Huruf "U"

Pola langkah huruf "U" disebut juga dengan istilah pola langkah pola langkah ladam. Pada teknik ini, gerakan langkah kaki pesilat membentuk pola huruf "S".

Pesilat ganda putri Indonesia,Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwiyanti bertanding dalam laga final yang berlangsung di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Mereka berhasil meraih medali emasKOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pesilat ganda putri Indonesia,Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwiyanti bertanding dalam laga final yang berlangsung di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Mereka berhasil meraih medali emas

Baca juga: Gerak Tangkisan pada Pencak Silat

5. Pola Langkah Segitiga

Pola langkah segi tiga adalah ketika pesilat bergerak membentuk bidang segi tiga. Biasanya, teknik ini dilakukan dengan memanfaatkan dua teknik kuda-kuda yaitu kuda-kuda depan dan tengah.

6. Pola Langkah Segi Empat

Pola langkah segi empat tercipta ketika pesilat bergerak dengan memanfaatkan gabungan kuda-kuda depan dan tengah.

Dalam pencak silat, pola langkah segi empat mirip dengan pola langkah segi tiga. Perbedaannya, pola langkah segi empat dilakukan dengan cara siap kuda-kuda depan lebih dulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com