Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Agenda Terdekat Usai PON XX Papua 2021

Kompas.com - 22/11/2021, 19:05 WIB
Josephus Primus

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Ada agenda terdekat yang akan berlangsung usai PON XX Papua 2021.

PON XX Papua 2021 berlangsung pada 2-15 Oktober 2021.

Baca juga: Menpora Sampaikan Kelancaran PON XX Papua 2021 ke Komisi X DPR

Sementara itu, Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 terselenggara pada 2-15 November 2021.

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat upacara penutupan Peparnas Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021). Peparnas ke-XVI, pesta olahraga multicabang bagi atlet penyandang disabilitas yang digelar di Papua pada 2-15 November tersebut resmi ditutup oleh Presiden Jokowi.ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGA Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat upacara penutupan Peparnas Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021). Peparnas ke-XVI, pesta olahraga multicabang bagi atlet penyandang disabilitas yang digelar di Papua pada 2-15 November tersebut resmi ditutup oleh Presiden Jokowi.

Informasi terkini dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua menunjukkan akan menggelar Pekan Olahraga Provinsi (porprov) pada 2022.

Porprov Papua, dalam catatan KONI Papua berlangsung sekitar Juni 2022 atau Juli 2022.

"Ini agenda terdekat yang dilaksanakan," ucap Sekretaris Umum KONI Papua Kenius Kogoya.

Terkait dengan agenda Porprov, Kenius berharap agar kabupaten atau kota bisa melaksanakan lebih awa pekan olahraga daerah (porda).

Ratusan drone membentuk formasi tulisan sampai jumpa saat penutupan Peparnas Papua di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021). Peparnas ke-XVI, pesta olahraga multicabang bagi atlet penyandang disabilitas yang digelar di Papua pada 2-15 November tersebut resmi ditutup oleh Presiden Jokowi.ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI Ratusan drone membentuk formasi tulisan sampai jumpa saat penutupan Peparnas Papua di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021). Peparnas ke-XVI, pesta olahraga multicabang bagi atlet penyandang disabilitas yang digelar di Papua pada 2-15 November tersebut resmi ditutup oleh Presiden Jokowi.

"Kami harapkan porda berlangsung pada Maret atau Mei 2022," ucapnya.

Pelaksanaan porda kata Kenius memberi peluang bagi atlet berpotensi lebih awal terseleksi untuk kemudian mereka mengikuti porprov.

Sebelumnya, pergelaran kejuaraaan dunia paralayang yang rencananya terselenggara di Papua setidaknya mendatangkan dua manfaat.

Sejumlah atlet cabor paralayang sedang latihan untuk persiapan PON XX Papua 2021 take off dari Bukit Kampung Buton Skyline Kota Papua, Sabtu (25/9/2021) siang.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Sejumlah atlet cabor paralayang sedang latihan untuk persiapan PON XX Papua 2021 take off dari Bukit Kampung Buton Skyline Kota Papua, Sabtu (25/9/2021) siang.

Pertama, arena paralayang yang sudah ada bisa berguna secara maksimal.

"Kedua, kejuaraan dunia paralayang di Papua membuat banyak orang dari luar Papua datang ke Bumi Cendrawasih," ucap Kenius Kogoya, Senin (22/11/2021).

Kenius menjelaskan bahwa peserta kejuaraan dunia paralayang juga bisa menikmati panorama alam Papua.

Seorang atlet cabor paralayang sedang latihan untuk persiapan PON XX Papua 2021 take off dari Bukit Kampung Buton Skyline Kota Papua, Sabtu (25/9/2021) siang.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Seorang atlet cabor paralayang sedang latihan untuk persiapan PON XX Papua 2021 take off dari Bukit Kampung Buton Skyline Kota Papua, Sabtu (25/9/2021) siang.

"Kehadiran mereka juga membawa manfaat ekonomi," ujarnya.

Kenius mengatakan rencananya kejuaraan dunia paralayang akan berlangsung pada 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com