Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Toprak Razgatlioglu: Juara Dunia WSBK 2021, Pengukir Sejarah di Mandalika

Kompas.com - 21/11/2021, 11:53 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber WSBK

KOMPAS.com - Toprak Razgatlioglu berhasil mengunci gelar juara dunia Superbike World Championship (WSBK) 2021 pada seri terakhir yang digelar di Indonesia. Pebalap asal Turki itu pun mengukir sejarah di Sirkuit Mandalika.

Race 1 seri pamungkas WSBK 2021 digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu (21/11/2021) siang WIB.

Race 1 seri ke-13 WSBK 2021 sebenarnya menjadi milik sang juara dunia enam kali, Jonathan Rea.

Pebalap andalan tim Kawasaki itu sukses memenangi balapan pertama WSBK Mandalika 2021. Sementara itu, Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx) finis di urutan kedua.

Adapun, posisi ketiga Race 1 seri WSBK Indonesia di Sirkuit Mandalika ditempati oleh Scott Redding (Aruba.it Racing–Ducati).

Baca juga: Hasil WSBK Mandalika: Penuh Drama, Toprak Pastikan Gelar, meski Rea Menangi Race 1

Meski finis di urutan kedua pada Race 1, hasil WSBK Mandalika ini sudah cukup bagi Toprak Razgatlioglu untuk mengunci gelar juara dunia musim ini.

Razgatlioglu menyegel titel juara dunia WSBK 2021 dengan koleksi 551 poin. Ia unggul 25 poin atas Jonathan Rea yang berada di peringkat kedua klasemen WSBK 2021.

WSBK 2021 sebenarnya masih menyisakan 25 poin yang diperebutkan pada Race 2 nanti. Akan tetapi, Toprak Razgatlioglu unggul dalam hal kemenangan Race 1 dan 2 atas Jonathan Rea sepanjang musim ini.

Razgatlioglu pun mengukir sejarah di Mandalika. Ia menjadi pebalap asal Turki pertama yang mampu meraih gelar juara dunia WSBK.

Tak hanya itu, pebalap berusia 25 tahun itu juga mengakhiri dominasi Jonathan Rea di Kejuaraan Dunia Superbike yang telah berlangsung selama enam musim terakhir.

Baca juga: Apa Perbedaan MotoGP dan WSBK?

Profil Toprak Razgatlioglu

Toprak Razgatlioglu lahir di Alanya, Turki, pada 16 Oktober 1996. Ia adalah putra dari pengendara motor akrobat ternama Turki, Arif Razgatlioglu.

Toprak mendapatkan motor pertamanya pada usia lima tahun. Ia kemudian suskes menjuarai ajang motocross di Turki sebanyak empat kali.

Melansir laman resmi WSBK, Toprak Razgatlioglu mulai berkompetisi di ajang balap motor 600cc pada usia 13 tahun.

Pada 2011, Razgatlioglu mengikuti kejuaraan Yamaha R6 Dunlop Cup. Dua tahun kemudian, ia sukses menembus ajang Red Bull Rookies Cup.

Karier Razgatlioglu di dunia balapa motor terus menanjak. Selepas dari Red Bull Rookies Cup, ia naik ke European Superstock 600 Championship (2015), lalu FIM Superstock 1000 Cup (2016), dan European Superstock 1000 Championship pada 2017.

Toprak RazgatliogluDok. @toprak_tr54 Toprak Razgatlioglu

Baca juga: Pasar Kaget Berkat Hadirnya WSBK di Sirkuit Mandalika

Halaman:
Sumber WSBK
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com