Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takkan Ada Penyesalan di WSBK Mandalika

Kompas.com - 19/11/2021, 16:00 WIB
Mochamad Sadheli

Penulis

KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika di ambang sejarah baru World Superbike (WSBK) 2021. Selain menjadi debutan di ajang balap tersebut, venue seharga lebih dari Rp 1 triliun itu bakal jadi saksi bisu sang juara baru.

Dominasi rider Kawasaki, Jonathan Rea, kemungkinan besar bisa diputuskan oleh pebalap Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu.

Toprak sejauh ini memimpin klasemen WSBK 2021 dengan 531 poin. Dia unggul 30 angka dari Jonathan Rea yang merupakan peraih gelar juara WSBK enam tahun beruntun sejak 2015-2020.

Sirkuit Mandalika akan menjadi penentu gelar juara WSBK 2021. Pilihannya hanya antara Toprak Razgatlioglu atau Jonathan Rea.

Baca juga: Jadwal Lengkap WSBK Mandalika, 2 Race IATC Nyelip pada Hari Pertama dan Kedua

"Baik, saya tidak senang ketika dia (Toprak Razgatlioglu) juara, tetapi saya menghormatinya yang bekerja dengan bagus bersama timnya," kata Jonathan Rea kepada Kompas.com bersama Mola.

"Kita akan melihat apa yang terjadi nanti," tegas pebalap asal Birtania Raya itu.

Memiliki status peraih gelar terbanyak dalam sejarah WSBK bagi Rea bukanlah hal yang mudah. Dia tentu dituntut untuk selalu menang.

"Saya tak bisa selalu menang setiap kali balapan," ujarnya.

Baca juga: WSBK Mandalika: Demi Sejarah Indonesia, Buat Apa Uang Disimpan?

"Saya tetap kesempatan untuk juara meskipun kecil. Saya pikir itu membuatku tertantang dan termotivasi, serta memberikan yang terbaik."

Pebalap WSBK, Jonathan Rea (Kawasaki), menjawab pertanyaan media sehari sebelum free practice WSBK Mandalika, Kamis (18/11/2021) sore WITA.KOMPAS.com/Mochamad Sadheli Pebalap WSBK, Jonathan Rea (Kawasaki), menjawab pertanyaan media sehari sebelum free practice WSBK Mandalika, Kamis (18/11/2021) sore WITA.

"Kita akan lihat apa yang terjadi nanti, dan tentu tidak ada penyesalan," tegas dia.

Baginya, apapun yang bakal terjadi di Sirkuit Mandalika mulai 19-21 November 2021, dia akan langsung pulang ke kampung halamannya selepas balapan.

"Minggu malam nanti saya ingin menikmati semua kerja keras saya lalu pulang dan bersiap untuk musim depan," ungkap sang rider.

Di sisi lain, Rea tak punya banyak pilihan. Apalagi momen yang dia miliki dengan sirkuit baru yang hadir di musim ini seperti di Republik Ceko maupun Navarra kurang baik.

"Saya persiapkan tahap demi tahap dimulai dari free practice 1 bersama tim saya," kata Rea

Baca juga: WSBK Mandalika: Sejarah Membuktikan, Sirkuit Debutan Kerap Hadirkan Drama!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com