Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Juga Pesan Energi Baru Terbarukan di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Kompas.com - 10/11/2021, 15:26 WIB
Josephus Primus

Penulis

Sumber Xinhuanet

BEIJING, KOMPAS.com - Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengapresiasi penggunaan energi baru terbarukan (EBT) pada perhelatan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

"IOC memberikan apresiasi yang tinggi untuk program karbon netral pada Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022," kata Ketua Komisi Koordinasi IOC untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, Juan Antonio Samaranch Junior, Selasa (9/11/2021).

A supporter of the 2022 Beijing Winter Olympics poses for photos with a countdown clock as it crosses into the 100 days countdown to the opening of the Winter Olympics in Beijing, China, Tuesday, Oct. 26, 2021. (AP Photo/Ng Han Guan) ///Ng Han Guan A supporter of the 2022 Beijing Winter Olympics poses for photos with a countdown clock as it crosses into the 100 days countdown to the opening of the Winter Olympics in Beijing, China, Tuesday, Oct. 26, 2021. (AP Photo/Ng Han Guan) ///

Baca juga: Selain Atlet, 3 Kelompok Peserta Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 Ini Ada di Dalam Gelembung

Penggunaan EBT itu menurut IOC akan menjadi daya tarik sendiri bagi 300 juta suporter Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Seorang wanita mengenakan masker mendorong kereta di dekat tanda yang menyerukan pembeli untuk waspada terhadap penyebaran virus corona, tidak mendengarkan desas-desus dan menghindari penimbunan di supermarket di Beijing, Cina, Rabu, 3 November 2021. AP PHOTO/NG HAN GUAN Seorang wanita mengenakan masker mendorong kereta di dekat tanda yang menyerukan pembeli untuk waspada terhadap penyebaran virus corona, tidak mendengarkan desas-desus dan menghindari penimbunan di supermarket di Beijing, Cina, Rabu, 3 November 2021.

Samaranch Junior menyebut, pada perhelatan Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022, sumber energi pada lokasi-lokasi pertandingan berasal dari angin dan matahari.

Sistem pendingin pada lokasi-lokasi olahraga tersebut memanfaatkan sistem penataan energi karbon dioksida (CO2).

Penari tampil di depan jam hitung mundur yang menunjukkan 100 hari menjelang pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, di Taman Olimpiade di Beijing, China, Rabu (27/10/2021). Penyebaran Covid-19 di China kembali menjadi peringatan setelah klaster baru terkait sekelompok wisatawan ditemukan 17 Oktober lalu.AFP/NOEL CELIS Penari tampil di depan jam hitung mundur yang menunjukkan 100 hari menjelang pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, di Taman Olimpiade di Beijing, China, Rabu (27/10/2021). Penyebaran Covid-19 di China kembali menjadi peringatan setelah klaster baru terkait sekelompok wisatawan ditemukan 17 Oktober lalu.

"Ini semua merupakan bentuk pemanfaatan EBT," ucap Juan Antonio Samaranch Junior.

Energi

Polusi udara terlihat di langit Ibu Kota Jakarta, Selasa (8/6/2021). Melalui platform pengukur kualitas udara Iqair.com yang merilis kualitas udara, Jakarta masuk 10 besar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia dengan menempati urutan ke 4.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Polusi udara terlihat di langit Ibu Kota Jakarta, Selasa (8/6/2021). Melalui platform pengukur kualitas udara Iqair.com yang merilis kualitas udara, Jakarta masuk 10 besar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia dengan menempati urutan ke 4.

Pesan energi tidak hanya bergema di China sebagai tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Indonesia dalam keikutsertaanya pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) iklim global atau Conference of The Parties (COP)26 di Glasgow, Britania Raya, mulai 31 Oktober 2022 hingga 12 November 2022.

Ilutsrasi polusi udarafreepik.com/ frimufilms Ilutsrasi polusi udara

Pada COP26 itu, Indonesia kembali menegaskan komitmennya mencapai Emisi Nol Bersih (NZE) pada 2060.

Selain pemerintah Indonesia, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) juga ikut serta sebagai perwakilan sektor swasta nasional.

Asap dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara.REUTERS via DW INDONESIA Asap dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara.

Pada kesempatan COP26, ada pembahasan transisi energi.

Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Energi Baru dan Terbarukan (EBT) Muhammad Yusrizki Muliawan yang hadir di situ menyebut bahwa sektor swasta siap berlari kencang untuk mendukung akselerasi transisi energi.

Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Energi Baru dan Terbarukan (EBT) Muhammad Yusrizki Muliawan.
Kadin Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Energi Baru dan Terbarukan (EBT) Muhammad Yusrizki Muliawan.

"Transisi energi sudah menjadi agenda pemerintah Indonesia dalam kerangka mitigasi emisi karbon," kata Yusrizki.

Yusrizki menjelaskan bahwa Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021 – 2030 merupakan tonggak yang telah dinanti oleh sektor swasta yang bergerak di industri EBT.

Halaman:
Sumber Xinhuanet
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com