Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Sepak Bola PON Papua - Bekuk Jatim, Aceh Tembus Final dengan Kondisi Terbatas

Kompas.com - 12/10/2021, 18:19 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Aceh berhasil mengalahkan tim unggulan, Jawa Timur, dengan skor 2-1 pada semifinal cabor sepak bola putra PON XX Papua 2021 di Stadion Barnabas Youwe Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (12/10/2021) sore.

Kemenangan ini membuat Aceh, yang diasuh Fakhri Husaini, melenggang ke partai final sepak bola PON XX Papua 2021.

Pertandingan Aceh vs Jawa Timur (Jatim) berjalan seru. Jatim yang bertekad meraih emas mengambil inisiatif untuk menyerang.

Adapun Aceh memutuskan bermain rapat dan bersabar dan mengandalkan serangan balik.

Aceh berhasil unggul dua gol lebih dahulu melalui serangan balik cepat Akhirul Wadhan (22’) dan Muzakir (47’).

Baca juga: Sepak Bola PON XX Papua - Jajaran Pelatih Berkelas Dongkrak Kualitas

Kondisi tertinggal membuat Jatim menambah variasi serangan.

Anak asuh Ruddy Keltjes itu makin rajin menggempur lini pertahanan Aceh.

Kerja keras mereka membuahkan hasil setelah Dwiki Mardiyanto mencetak gol balasan enam menit setelah gol kedua dari Aceh.

Namun, sayang, hingga peluit panjang dibunyikan, Jatim gagal menambah gol. Kedudukan berakhir untuk kemenangan Aceh 2-1.

Pemain Aceh Khairunnas merest bola pemain Jawa Timur saat semifinal PON XX Papua 2021 yang berakhir dengan skor 1-2 di Stadion Barnabas Youwe Sentani Kabupaten Jayapura, Selasa (12/10/2021) sore.KOMPAS.com/Suci Rahayu Pemain Aceh Khairunnas merest bola pemain Jawa Timur saat semifinal PON XX Papua 2021 yang berakhir dengan skor 1-2 di Stadion Barnabas Youwe Sentani Kabupaten Jayapura, Selasa (12/10/2021) sore.

Hasil ini pun disambut syukur oleh pelatih Aceh Fakhri Husaini.

Mantan pelatih timnas U16 Indonesia itu mengapresiasi performa anak asuhnya yang tampil total sehingga mampu memetik kemenangan meski tim dalam kondisi yang tak ideal.

Baca juga: Hasil Sepak Bola Putra PON: Bungkam Kaltim, Papua Jumpa Aceh di Final

"Sebetulnya, sebelum bertanding, kami hanya memiliki 13 pemain. Dua pemain cedera, satu akumulasi kartu kuning, dan empat kebugarannya belum kembali karena mengalami cedera dampak dua pertandingan sebelumnya," kata Fakhri Husaini.

"Saya mengapresiasi dan merasa bangga yang luar biasa kepada seluruh pemain tim sepak bola PON Aceh. Mereka berjuang melebihi batas maksimal yang mereka punya," ucapnya.

Dengan hasil ini, Aceh akan bertemu kembali dengan tuan rumah Papua dalam perebutan medali emas di Stadion Mandala Kota Jayapura, Kamis (14/10/2021) malam.

Sementara itu, Jatim masih akan bertemu dengan Kaltim untuk perebutan perunggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com