Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelenggara PON XX Papua 2021 Tak Bisa Tiru Protokol Kesehatan Olimpiade Tokyo 2020

Kompas.com - 23/09/2021, 21:31 WIB
Josephus Primus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Menpora Gatot S Dewa Broto mengatakan bahwa penyelenggara PON XX Papua 2021 tak bisa meniru persis protokol kesehatan pada Olimpiade Tokyo 2020.

Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung pada 23 Juli 2021 sampai dengan 9 Agustus 2021.

Baca juga: Pastikan, Cerita Ini Tak Ada Lagi di PON XX Papua 2021!

Gatot menyebut protokol itu sejatinya berkait dengan pencegahan meluasnya pandemi Covid-19 selama perhelatan PON XX Papua 2021.

Seorang petugas duduk di tribun media saat berlangsung pertandingan panahan Olimpiade Tokyo 2020 di Yumenoshima Park Archery Field, Tokyo, Jepang, Senin (26/7/2021). Penyelenggaraan Olimpiade yang diselenggarakan tanpa penonton dari kalangan umum tersebut merupakan keputusan di tengah kondisi darurat Covid-19 yang sedang diberlakukan di Ibu Kota Jepang.ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Seorang petugas duduk di tribun media saat berlangsung pertandingan panahan Olimpiade Tokyo 2020 di Yumenoshima Park Archery Field, Tokyo, Jepang, Senin (26/7/2021). Penyelenggaraan Olimpiade yang diselenggarakan tanpa penonton dari kalangan umum tersebut merupakan keputusan di tengah kondisi darurat Covid-19 yang sedang diberlakukan di Ibu Kota Jepang.

"Ada perbedaan anggaran dan sebagai macamnya sehingga kami tidak bisa meniru hal tersebut secara keseluruhan," ucap Gatot S Dewa Broto.

PON XX Papua 2021 akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021.

Tangkapan layar Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto pada diskusi virtual FMB9, Kamis (2/9/2021) bertajuk PON Gerakkan UMKM dan Wisata Papua.FMB9 Tangkapan layar Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto pada diskusi virtual FMB9, Kamis (2/9/2021) bertajuk PON Gerakkan UMKM dan Wisata Papua.

Selain Kota Jayapura, ada tiga kabupaten yang menjadi klaster pelaksana PON XX Papua 2021.

Ketiganya adalah Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Atlet yang berlaga di PON XX Papua 2021 diperkenankan pulang paling lama tiga hari usai yang bersangkutan bertanding.

Poster PON XX Papua 2021 dengan latar belakang Stadion Lukas Enembe.
 
DOK. Humas Kemenkominfo Poster PON XX Papua 2021 dengan latar belakang Stadion Lukas Enembe.

"Hal ini untuk menghindari penyebaran pandemi Covid-19," ujar Gatot S Dewa Broto, Kamis (23/9/2021).

Gatot mengingatkan, aturan lain yang juga sudah menjadi kesepakatan adalah kontingen wajib tiba tiga hari sebelum bertanding.

Ilustrasi tes PCR dan CT valueShutterstock Ilustrasi tes PCR dan CT value

"Jadi tidak ada cerita seperti sebelumnya bahwa dengan dasar solidaritas, kontingen jadi saling menunggu," ucapnya.

Kewajiban lainnya adalah para atlet melakukan tes PCR saat keberangkatan ke Papua maupun kepulangan.

Teluk Youtefa yang berada di Kota Jayapura menjadi venue cabang olahraga dayung PON XX Papua yang akan berlangsung pada tanggal 27 Oktober - 13 September 2021.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Teluk Youtefa yang berada di Kota Jayapura menjadi venue cabang olahraga dayung PON XX Papua yang akan berlangsung pada tanggal 27 Oktober - 13 September 2021.

Gatot menambahkan, pada prinsipnya, para pemangku kepentingan PON XX Papua 2021 berupaya agar pesta olahraga multicabang terbesar di Indonesia itu berjalan lancar.

Gatot kembali menegaskan bahwa kapasitas penonton yang hadir langsung di stadion juga sudah disepakati bersama.

Jembatan merah, jembatan pelengkung baja terpanjang Papua yang menjadi jembatan simbol pemersatu dan semangat untuk membangun tanah Papua.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Jembatan merah, jembatan pelengkung baja terpanjang Papua yang menjadi jembatan simbol pemersatu dan semangat untuk membangun tanah Papua.

"Jumlahnya 25 persen dari kapasitas stadion," ujarnya.

Jumlah itu, kata Gatot, jumlah itu sudah termasuk anggota ofisial, tenaga kesehatan, petugas pertandingan, dan media.

Deretan tempat duduk uituk penonton cabang olahraga dayung PON XX Papua yang akan berlangsung pada tanggal 27 Oktober - 13 September 2021 di Teluk Youtefa Kota Jayapura.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Deretan tempat duduk uituk penonton cabang olahraga dayung PON XX Papua yang akan berlangsung pada tanggal 27 Oktober - 13 September 2021 di Teluk Youtefa Kota Jayapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com