Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Presiden Esports 2021 Siap Digelar, Game Lokal Turut Dipertandingkan

Kompas.com - 14/09/2021, 21:40 WIB
Faishal Raihan

Penulis

KOMPAS.com - Piala Presiden Esports 2021 siap digelar pada awal Oktober mendatang. Ada satu game buatan Indonesia yang turut dipertandingkan dalam turnamen besutan Presiden Joko Widodo itu.

Turnamen Piala Presiden Esports (PPE) kembali dihelat pada 2021. Ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan kompetisi olahraga elektronik tertinggi Tanah Air itu

Pada 2021, Piala Presiden Esports mengusung tema dan pesan khusus "Bangga Esport Indonesia".

Menurut Kepala Staf Kepresidenen Republik Indonesia Jend TNI (Purn) Moeldoko, Piala Presiden Esports 2021 diarahkan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki bangsa Indonesia agar menjadi menjadi pemimpin esports di kawasan regional asia bahkan dunia.

“Indonesia harus siap untuk menjadi leader dalam dunia esports, baik di kawasan regional maupun internasional," kata Moeldoko dalam jumpa pers daring via Zoom pada Selasa (14/9/2021).

Baca juga: Pendaftaran Cabor Esports PUBG Mobile di PON XX PAPUA 2021 Catat Hampir 5 Ribu Tim

"Kita memiliki potensi yang luar biasa besar dari sisi sumber daya generasi muda, ekosistem keolahragaan, dan juga industri esports," imbuhnya.

"Pada tahun 2020, Indonesia merupakan negara terbesar pasar industri gaming di Asia Pasifik dan menempati peringkat ke-12 dunia," ungkap Moeldoko.

Berada dalam tema "Bangga Esport Indonesia", Piala Presiden Esports 2021 memasukkan game lokal bernama Lokapala sebagai salah satu nomor yang dipertandingkan.

Hal tersebut disambut baik oleh developer alias pengembang game Lokapala, Anantarupa Studios.

"Kami bersyukur diberi ruang yang sangat memadai oleh pemerintah dan kami siap untuk ambil bagian dalam upaya mendukung kemajuan bangsa melalui esports," ucap COO Anantarupa Diana Paskarina.

Baca juga: Esports Star Indonesia Resmi Kembali Bekerja Sama dengan Garena

"Kami yakin bahwa game yang dibuat anak-anak bangsa punya potensi dan kualitas untuk menjadi besar, dan ajang PPE 2021 serta PON Papua nanti merupakan batu lompatan yang sangat besar bagi industri game dan esports nasional,” imbuhnya.

Piala Presiden Esports 2021 akan diselenggarakan secara hybrid, online dan offline, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat dan menyeluruh.

Selain Lokapala, game lainnya yang juga akan dipertandingkan di PPE 2021 adalah eFootball PES, Free Fire, Mobile Legends, PUBG Mobile dan MPL Gaming.

Pendaftaran Piala Presiden Esports 2021 sudah dibuka sejak 9 September dan akan berlangsung hingga 2 Oktober di situs resmi Piala Presiden Esports.

Sementara, waktu pelaksanaan Piala Presiden Esports adalah pada 3 Oktober hingga akhir tahun 2021, dimulai dengan babak kualifikasi.

Baca juga: Luminaire Kembali, EVOS Esports Optimistis Menghadapi MPL Season 8

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com