Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PON XX Papua 2021, pada 5 Cabor Ini, Jawa Barat Incar Medali Emas

Kompas.com - 13/09/2021, 23:13 WIB
Josephus Primus

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, Jawa Barat akan menjadikan cabang olahraga yang memiliki banyak nomor pertandingan adalah lumbung medali emas.

Setiawan menyebut, setidaknya ada lima cabang olahraga (cabor) yang menjadi incaran capaian emas Jawa Barat.

Pekerja menyelesaikan pembangunan venue cabor Rugby di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (24/8/2021). Pembangunan venue rugby PON XX Papua yang berada di kawasan tanah milik AURI, Sentani, Kabupaten Jayapura tersebut menelan anggaran Rp22 miliar dan telah mencapai 50 persen.ANTARA FOTO/Indrayadi TH/wsj. Pekerja menyelesaikan pembangunan venue cabor Rugby di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (24/8/2021). Pembangunan venue rugby PON XX Papua yang berada di kawasan tanah milik AURI, Sentani, Kabupaten Jayapura tersebut menelan anggaran Rp22 miliar dan telah mencapai 50 persen.

Baca juga: PON XX Papua 2021, 2 Agenda Kegiatan Rampung Hari Ini

"Tinju, taekwondo, angkat berat, karate, dan gulat, saya rasa bisa menjadi lumbung medali," tutur Setiawan Wangsaatmaja, Senin (13/9/2021).

Setiawan Wangsaatmaja menyebut, Provinsi Jawa Barat ingin mengulangi sukses menjadi juara umum seperti saat PON XIX Jawa Barat 2016.

Pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan TNI-Polri di Lapangan Batu Karang, PTC Entrop, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (11/9/2021).DOK. PEMPROV PAPUA Pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan TNI-Polri di Lapangan Batu Karang, PTC Entrop, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (11/9/2021).

"Meski kami kini bukan tuan rumah PON, Jawa Barat tetap menargetkan menjadi juara umum," ucap Setiawan Wangsaatmaja.

Pada bagian berikutnya, Setiawan menyebut bahwa 100 persen atlet Jawa Barat untuk PON XX Papua 2021 tak ada yang terpapar virus Coid-19.

Ilustrasi vaksinasi Covid-19.PICTURE ALLIANCE/ROBBIN UTRECHT via DW INDONESIA Ilustrasi vaksinasi Covid-19.

"Semuanya negatif Covid-19," ujar Setiawan Wangsaatmaja.

Catatan terkini menunjukkan bahwa kontingen Jawa Barat berkekuatan 1.239 orang.

Kawasan sekitar venue PON XX Papua.Dok. Kementerian PUPR. Kawasan sekitar venue PON XX Papua.

Dari jumlah itu, 770 orang adalah atlet.

"Mereka dalam kondisi fit," kata Setiawan Wangsaatmaja.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, menyerahkan Pataka Kontingen PON Papua kepada Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, yang ditunjuk sebagai Ketua Kontingen PON Papua pada PON XX 2021, Jayapura, Papua, Kamis (9/9/2021)Dok Staf Khusus Gubernur Papua Dian Mustikawati Gubernur Papua, Lukas Enembe, menyerahkan Pataka Kontingen PON Papua kepada Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, yang ditunjuk sebagai Ketua Kontingen PON Papua pada PON XX 2021, Jayapura, Papua, Kamis (9/9/2021)

PON XX Papua 2021 akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021.

Selain Kota Jayapura, ada tiga kabupaten yakni Jayapura, Mimika, dan Merauke menjadi klaster penyelenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com