Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal Tak Terlupakan dari Olimpiade Tokyo 2020

Kompas.com - 09/08/2021, 23:20 WIB
Josephus Primus

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Olimpiade Tokyo 2020 yang usai pada Minggu (8/8/2021) sedikit banyak menyisakan tiga hal yang tak terlupakan.

Berikut, ketiga hal ini adalah:

Atlet Amerika Serikat Sydney Mclaughlin, mencetak rekor dunia baru pada nomor 400 meter lari gawang putri Olimpiade Tokyo 2020.AFP/JEWEL SAMAD Atlet Amerika Serikat Sydney Mclaughlin, mencetak rekor dunia baru pada nomor 400 meter lari gawang putri Olimpiade Tokyo 2020.

17 rekor dunia

Olimpiade Tokyo 2020, dari segi prestasi menorehkan 17 rekor dunia.

Dari 17 rekor dunia ini, cabang olahraga dayung memboyong pencapaian 5 rekor dunia.

Sementara, 3 rekor dunia merupakan sumbangan dari cabang atletik.

Pelari putra asal Norwegia, Karsten Warholm memecahkan rekor 400 meter lari gawang.

Kemudian, pelari putri AS Sydney McLaughlin menjadi pencipta rekor baru dunia pada nomor 400 meter lari gawang.

Yulimar Rojas.Athletics Weekly/Mark Shearman Yulimar Rojas.

Selanjutnya, pelari putri Venezuela Yulimar Rojas juga menciptakan rekor baru dunia untuk nomor lompat jangkit.

Berturut-turut, rekor dunia tercipta di balap sepeda (3 rekor) dan renang (6).

Menembak dan debutan cabang olahraga baru di Olimpiade, panjat tebing mencatatkan masing-masing satu rekor baru dunia.

Olimpiade Tokyo 2020  - Tim renang Amerika Serikat Ryan Murphy, Michael Andrew, Caeleb Dressel, dan Zach Apple, berpose dengan medali emas mereka di podium setelah memenangi final nomor 4x100m gaya ganti estafet putra di Tokyo Aquatics Center di Tokyo pada 1 Agustus 2021. AFP/ODD ANDERSEN Olimpiade Tokyo 2020 - Tim renang Amerika Serikat Ryan Murphy, Michael Andrew, Caeleb Dressel, dan Zach Apple, berpose dengan medali emas mereka di podium setelah memenangi final nomor 4x100m gaya ganti estafet putra di Tokyo Aquatics Center di Tokyo pada 1 Agustus 2021.

Selanjutnya, atlet angkat besi Georgia, Lasha Talakhadze, mencatatkan sekaligus tiga rekor baru dunia di kelas putra 109 kilogram untuk angkatan snatch, clean & jerk, dan total angkatan.

Tanpa penonton

Sejumlah relawan beristirahat sambil memberikan dukungan saat pertandingan panahan Olimpiade Tokyo 2020 di Yumenoshima Park Archery Field, Tokyo, Jepang, Senin (26/7/2021). Penyelenggaraan Olimpiade yang diselenggarakan tanpa penonton dari kalangan umum tersebut merupakan keputusan di tengah kondisi darurat Covid-19 yang sedang diberlakukan di Ibu Kota Jepang.ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Sejumlah relawan beristirahat sambil memberikan dukungan saat pertandingan panahan Olimpiade Tokyo 2020 di Yumenoshima Park Archery Field, Tokyo, Jepang, Senin (26/7/2021). Penyelenggaraan Olimpiade yang diselenggarakan tanpa penonton dari kalangan umum tersebut merupakan keputusan di tengah kondisi darurat Covid-19 yang sedang diberlakukan di Ibu Kota Jepang.

Pemangku kepentingan Olimpiade Tokyo 2020, termasuk Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Tokyo 2020 sudah berketetapan bahwa pesta olahraga multicabang terbesar di dunia ini berlangsung tanpa kehadiran penonton.

"Kebijakan ini untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19," kata CEO Tokyo 2020 Seiko Hashimoto.

Sejumlah ofisial dan wartawan melihat pertandingan panahan Olimpiade Tokyo 2020 di Yumenoshima Park Archery Field, Tokyo, Jepang, Senin (26/7/2021). Penyelenggaraan Olimpiade yang diselenggarakan tanpa penonton dari kalangan umum tersebut merupakan keputusan di tengah kondisi darurat Covid-19 yang sedang diberlakukan di Ibu Kota Jepang.ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Sejumlah ofisial dan wartawan melihat pertandingan panahan Olimpiade Tokyo 2020 di Yumenoshima Park Archery Field, Tokyo, Jepang, Senin (26/7/2021). Penyelenggaraan Olimpiade yang diselenggarakan tanpa penonton dari kalangan umum tersebut merupakan keputusan di tengah kondisi darurat Covid-19 yang sedang diberlakukan di Ibu Kota Jepang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com