Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Grip Karet dan Kain untuk Raket Bulu Tangkis

Kompas.com - 25/07/2021, 13:20 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

KOMPAS.com - Seorang pemain cabang olahraga bulu tangkis membutuhkan perlengkapan khusus untuk memukul bola atau shuttlecock dalam permainan yakni sebuah raket.

Raket bulu tangkis terpisah menjadi tiga bagian yakni kepala, gagang, serta bagian penghubung di antara keduanya (shaft).

Pada bagian kepala raket, terdapat rangkaian senar yang membentuk permukaan sebagai titik persentuhan dengan shuttlecock (kok).

Adapun bagian gagang raket, mempunyai fungsi sebagai pegangan seorang pemain ketika bertanding di lapangan.

Gaya pemain bulu tangkis ketika memegang raket pun beragam, yakni dengan teknik forehand, backhand, maupun american grip.

Bagian lapisan pada gagang raket yang menyentuh permukaan tangan seorang pemain ketika menggenggam raket disebut sebagai grip.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Tarikan Senar Raket untuk Pemula?

Terdapat dua bahan yang umum digunakan sebagai lapisan penutup pada gagang raket, yakni dari bahan karet maupun kain.

Masing-masing bahan lapisan grip pada gagang raket bulu tangkis mempunyai perbedaan, begitu juga keunggulan dan kelemahan saat dipakai oleh seorang pemain.

Grip karet

Lapisan grip karet atau grip tape pada raket badminton berbagai merk, umumnya memakai bahan polyurethane (PU).

Raket dengan grip tape berbahan karet sintetis PU, mempunyai keunggulan berupa daya serap keringat serta mengurangi getaran saat pemain memukul kok.

Mengutip dari laman Badminton Mag, kelebihan lain adalah lapisan gagang raket dengan grip tape memberi kenyamanan antar permukaan jari saat memegang raket.

Grip kain

Seperti namanya, grip kain pada gagang bulu tangkis menggunakan lapisan berbahan katun atau juga disebut sebagai grip handuk.

Dalam situasi umum, grip handuk dapat menyerap keringat pada permukaan tangan seorang pemain secara optimal.

Baca juga: Cara dan Gaya Memegang Raket dalam Bulu Tangkis

Namun, bobot komponen grip handuk dapat bertambah sehingga mempengaruhi permainan dan kemudian harus diganti secara rutin.

Pilihan penggunaan lapisan grip tape atau grip handuk pada gagang raket bulu tangkis, bergantung sepenuhnya pada gaya permainan serta kenyamanan seorang pemain bulu tangkis saat bertanding.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com