Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Istilah Derby dalam Sepak Bola

Kompas.com - 26/06/2021, 19:20 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

KOMPAS.com - Persaingan sengit antara dua tim yang bertanding menjadi bagian dari dinamika permainan sepak bola, khususnya dalam sebuah kompetisi di sebuah negara.

Rivalitas di tengah dua tim yang bertanding di lapangan sepak bola kemudian memunculkan istilah derby, yang banyak digunakan sampai saat ini.

Lantas bagaimana awal mula munculnya istilah derby dan apa arti sesungguhnya kata tersebut dalam permainan sepak bola?

Menurut kamus besar Bahasa Inggris keluaran Merriam-Webster, derby mempunyai pengertian sebagai pertandingan antara dua tim olahraga lokal atau dari wilayah asal yang sama.

Sehingga, arti istilah derby dalam sepak bola mempunyai makna perseteruan dua tim berbasis wilayah ketika bertanding dalam sebuah kompetisi.

Hanya saja, penggunaan istilah ini kemudian melebar seiring kemunculan rivalitas sejumlah tim yang mempunyai sejarah panjang dengan latar belakang sosial budaya tertentu.

Baca juga: Nama-nama Derby dalam Sepak Bola

Bahkan, istilah derby atau derbi dalam bahasa Indonesia, diberikan khusus untuk bentrok antara dua tim dengan memiliki kesamaan latar belakang wilayah, yang bertemu secara reguler di sebuah kompetisi.

Sejarah munculnya istilah derby

Kemunculan kata derby dalam sepak bola berakar dari permainan bola tradisional (folk football) antardesa di Inggris, yang terkadang memunculkan perseteruan tajam.

Dilansir dari laman Guardian, salah satu permusuhan kondang permainan bola tradisional di Inggris terjadi di wilayah Derby antara komunitas lokal bernama All Saints dan St Peter’s pada abad ke-18.

Hingga petinggi komunitas setempat kewalahan untuk menahan perseteruan para pemuda kedua wilayah, saat terlibat dalam permainan folk football tersebut.

Perseteruan kedua tim lantas berakhir pada 1848 setelah pasukan tentara Kerajaan Inggris, dikerahkan untuk mengendalikan situasi dan melarang adanya permainan bola tradisional di wilayah itu.

Ragam derby dalam sepak bola modern

Bentrok dua tim dari sebuah kota kerap terjadi dalam kompetisi sepak bola modern seperti ajang tertinggi dalam tataran Liga Inggris, Premier League.

Seperti dilansir dari laman resmi Premier League, laga derby yang melibatkan dua tim dari satu wilayah kerap memunculkan hasil akhir yang tidak diduga serta intensitas pertandingan yang lebih keras dan cepat.

Baca juga: 5 Pemain dengan Nilai Transfer Termahal di Liga Inggris

Kemenangan dalam pertandingan derby mempunyai pengaruh besar kepada masing-masing klub dan penggemarnya, terutama terkait kebanggaan sebagai warga lokal.

Tiga contoh laga derby yang muncul dalam ajang Premier League musim 2021-2022 adalah Merseyside Derby (Liverpool melawan Everton), Manchester Derby (Manchester United menghadapi Manchester City), dan North London Derby (Arsenal kontra Tottenham Hotspur).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com