Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lari Gawang: Pengertian, Nomor, dan Teknik Dasar

Kompas.com - 26/06/2021, 18:40 WIB
Kevin Topan Kristianto

Penulis

KOMPAS.com - Lari gawang atau disebut dengan hurdles merupakan salah satu nomor lari dalam cabang olahraga atletik.

Lari gawang bisa dibilang merupakan salah satu nomor lari khusus.

Pasalnya, tidak semua pelari mampu menjadi atlet lari gawang, karena nomor ini membutuhkan postur tubuh dan teknik tinggi.

Dikutip dari buku Dasar-dasar Atletik (2020), karya Yahya Eko Nopiyanto, S.Pd, M.Pd dan Septian Raibowo, S.Pd, M.Pd, seorang pelari gawang harus memiliki kelenturan yang baik pada persendian panggul (articulatio femoris), dan ruas-ruas tulang belakang (columna vertebralis).

Baca juga: Mengapa Atletik Disebut Mother of Sport?

Pengertian Lari Gawang

Lari gawang adalah lari cepat untuk menempuh jarak tertentu dengan melompati gawang-gawang yang tingginya telah diatur dalam peraturan perlombaan.

Nomor Lari Gawang

Emilia Nova, Atlet Lari Gawang 100 meter putri saat berlatih di pelatnas atletik Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (18/10/2019). Medali Emas menjadi target utama salah satu atlet yang menjadi andalan Indonesia pada nomor ini.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Emilia Nova, Atlet Lari Gawang 100 meter putri saat berlatih di pelatnas atletik Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (18/10/2019). Medali Emas menjadi target utama salah satu atlet yang menjadi andalan Indonesia pada nomor ini.

Lari gawang yang dipertandingkan untuk putra dan putri adalah nomor 100 meter (untuk putri), 110 meter (putra), dan 400 meter (putra dan putri).

Perlombaan lari gawang memiliki tambahan objek khusus berupa gawang (hurdle) yang diawali pada jarak 13-13,72 meter dari garis start dan selanjutnya berjarak 8,5 hingga 9,14 meter antar gawang.

Baca juga: Olimpiade dan Tradisi Bagi Kondom

Kemudian pada nomor lari gawang 400 meter, letak gawang pertama berada pada jarak 45 meter dari garis start sementara jarak antar gawang berikutnya adalah 35 meter.

Teknik Dasar Lari Gawang

Seperti nomor lari lainnya, lari gawang juga memiliki teknik dasar.

Teknik dasar lari gawang adalah sebagai berikut:

  • Teknik start menuju gawang pertama
  • Teknik melewati gawang
  • Teknik pendaratan
  • Teknik lari diantara gawang
  • Teknik memasuki garis finish
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com