Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Karier Marc Klok, Gelandang Naturalisasi yang Resmi Tinggalkan Persija

Kompas.com - 23/06/2021, 20:10 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Kebersamaan antara Marc Klok dan Persija Jakarta resmi berakhir. Macan Kemayoran mengumumkan bahwa mereka melepas gelandang naturalisasi berusia 28 tahun tersebut.

Persija mengumumkan kepergian Marc Klok pada Rabu (23/6/2021) malam WIB.

"Persija dan Klok resmi bersepakat untuk mengakhiri kontrak kerja sama profesional. Oleh karena itu, Klok tidak lagi menjadi bagian dari tim Persija per hari ini," kata Presiden Persija Jakarta, Mohamad Prapanca.

Sementara itu, melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya, Klok menyampaikan bahwa ia sangat berat untuk meninggalkan klub asal Ibu Kota tersebut.

"Satu setengah tahun ini adalah salah satu momen yang sulit dilupakan dalam hidup saya. Kita berkeringat, berjuang, dan meraih kemenangan bersama di turnamen terakhir," tulis Klok.

Baca juga: Marc Klok dan Persija Jakarta Resmi Berpisah

"Namun, harinya telah tiba. Hari yang sangat berat bagi saya. Kita harus berpisah dan saya sekarang harus memulai tahap baru dalam karier profesional saya," imbuh pemain yang membantu Persija menjuarai Piala Menpora 2021 tersebut.

"Saya dan pihak manajemen klub sepakat untuk berpisah. Saya yakin bahwa upaya yang diambil dan diputuskan adalah untuk kebaikan, baik bagi Persija Jakarta sebagai sebuah klub maupun saya sebagai seorang pesepak bola," tandasnya.

Perjalanan karier Marc Klok

Lahir di Amsterdam pada 20 April 1993, Marc Klok menimba ilmu di akademi sepak bola top miliki salah satu klub Liga Belanda, FC Utrecht.

Mengutip Transfermarkt, Klok membela tim Jong FC Utrecht selama dua tahun yakni dari 2011 hingga 2013.

Pada Juni 2013, Klok pindah ke Skotlandia untuk memperkuat Ross County yang saat itu berkompetisi di Liga Premier Skotlandia. Sayangnya, ia hanya membukukan enam penampilan di sana. Klok pun dilepas pada Agustus 2014.

Selepas dari Skotlandia, Klok mendapatkan kontrak dari klub Liga Bulgaria, Cherno More Varna.

Baca juga: Kata-kata Pertama Marc Klok Setelah Resmi Tinggalkan Persija Jakarta

Klok bertahan selama satu setengah musim di Cherno More dengan kesempatan bermain cukup banyak. Total ia mencatatkan 48 penampilan di semua kompetisi dengan kontribusi satu gol.

Memasuki musim 2016-2017, Marc Klok melanjutkan petualangan ke Inggris dengan memperkuat Oldham Athletic yang bermain di League One atau kompetisi strata ketiga Liga Inggris.

Namun, karier Klok di Inggris tak berjalan mulus dan ia pun dilepas ke Dundee pada Januari 2017.

Setelah membela sejumlah klub di Eropa, Marc Klok datang ke Indonesia pada April 2017 untuk bergabung dengan PSM Makassar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com