Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peraturan Baru Handball di Euro 2020

Kompas.com - 13/06/2021, 17:00 WIB
Kevin Topan Kristianto

Penulis

Sumber Mirror,IFAB

KOMPAS.com - Badan Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) menerapkan aturan terbaru perihal handball di turnamen Piala Eropa atau Euro 2020.

Pesta sepak bola antarnegara Benua Biru itu sudah mulai digelar pada 12 Juni 2021 kemarin dan sejauh ini sudah menggelar empat laga dari Grup A dan Grup B.

Pada Piala Eropa edisi ke-16 ini, regulasi baru perihal jenis pelanggaran handball diterapkan.

Dalam regulasi baru tersebut, handball yang tidak disengaja oleh pemain dalam persiapan untuk mencetak gol tidak akan dihukum di Euro 2020.

Baca juga: Daftar Julukan-julukan Peserta Euro 2020

Artinya gol yang tercipta dalam proses ini dianggap sah dan tidak disebut sebagai pelanggaran.

Adapun aturan baru ini sejatinya sudah dibuat oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) pada bulan Maret yang lalu dan akan mulai diterapkan mulai musim 2021-2022.

Namun, berhubung turnamen Piala Eropa 2020 digelar pada bulan Juni ini, UEFA selaku Badan Asosiasi Sepak Bola Eropa langsung menerapkan aturan baru terkait handball.

Aturan baru terkait handball itu sudah diterapkan sejak laga pembuka Grup A yang mempertemukan Turki vs Italia pada Sabtu (12/6/2021) lalu.

Baca juga: Pedoman CPR untuk Serangan Jantung saat Berolahraga

Ketua Komite Wasit UEFA, Roberto Rosetti, mengkonfirmasi bahwa peraturan tersebut akan digunakan dalam seluruh pertandingan Euro 2020.

"Undang-undang yang telah ditulis ulang ini lebih menyesuaikan semangat sepak bola dan memberikan pemain kebebasan untuk bermain sepak bola," kata Rosetti, seperti dikutip dari laman Mirror, pada 7 Juni 2021.

Adapun aturan baru yang dikeluarkan oleh IFAB pada Maret 2021 lalu ini diterapkan untuk menghindari pembatalan gol akibat handball pemain lain yang tidak disengaja.

Baca juga: Kisah Euro 1968, Undian Koin di Balik Kejayaan Italia

Berikut adalah aturan baru terkait handball  sepak bola yang telah ditetapkan dalam Laws of the Game oleh International Football Association Board (IFAB):

Pemain dikatakan melakukan handball apabila:

  1. Pemain dengan sengaja menyentuh bola dengan tangan atau lengan. Misalnya ketika pemain menggerakkan tangan atau lengan ke arah bola.
  2. Pemain menyentuh bola dengan tangan atau lengan ketika tubuh dalam posisi tidak wajar. Misalnya ketika pemain mengembangkan kedua belah tangan untuk menutup ruang lawan dan si pemain yang bersangkutan tahu betul bahwa tindakannya berpeluang terjadi kontak tangan/lengan dengan bola.
  3. Pemain mencetak gol ke gawang lawan langsung dengan tangan atau lengan, meskipun tidak disengaja atau ketika pemain mencetak gol setelah bola menyentuh tangan atau lengan, meskipun juga tidak disengaja.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com