Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Pemain yang Tak Tergantikan pada 2 Laga Terakhir Timnas Indonesia

Kompas.com - 08/06/2021, 19:15 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong telah melakoni dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Dubai, Uni Emirat Arab. Hasilnya, Tim Garuda meraih hasil imbang dengan Thailand dan takluk di tangan Vietnam.

Ketika menghadapi Thailand yang merupakan debut Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia, Pasukan Garuda bermain imbang 2-2 pada pertandingan yang digelar di Stadion Al Maktoum, Kamis (3/6/2021).

Kemudian pada laga berikutnya yang digelar di tempat yang sama, Senin (7/6/2021), Indonesia menderita kekalahan telak 0-4 dari Vietnam.

Dua laga tanpa kemenangan itu tak mengubah posisi Indonesia di klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Baca juga: Hasil Timnas Indonesia Vs Thailand - Garuda Raih Poin Perdana!

Tim Garuda yang sudah dipastikan tidak lolos menghuni juru kunci Grup G dengan raihan satu poin dari tujuh pertandingan.

Adapun, Indonesia masih menyisakan satu laga kontra Uni Emirat Arab yang akan digelar pada Jumat (11/6/2021).

Dari dua pertandingan yang sudah dilalui, Shin Tae-yong sejatinya tidak banyak mengubah komposisi terbaik timnya.

Tercatat ada enam pemain yang tak tergantikan alias selalu bermain penuh pada laga melawan Thailand dan Vietnam. Siapa saja mereka?

Nadeo Argawinata (Kiper)

Nadeo selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di bawah mistar gawang Indonesia pada dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai.

Dari dua pertandingan tersebut, gawang Nadeo Argawinata harus jebol sebanyak enam kali.

Baca juga: Hasil Timnas Indonesia Vs Vietnam, Garuda Babak Belur Dihajar 4 Gol

Asnawi Mangkualam (Bek kanan)

Pemain klub Ansan Greeners FC ini merupakan penghuni tetap sisi kanan pertahanan Tim Garuda pada dua laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Arif Satria (Bek tengah)

Arif Satria yang pada 2017 masih bermain di Liga 3 melakoni debut bersama timnas Indonesia pada pertandingan menghadapi Thailand. Pada laga berikutnya kontra Vietnam, bek tengah Persebaya Surabaya ini kembali tampil penuh.

Rizky Ridho Ramadhani (Bek tengah)

Rizky Ridho menjadi tandem rekan setimnya di Persebaya, Arif Satria, pada dua pertandingan terakhir yang dilakoni Tim Garuda.

Kini, Shin Tae-yong tak memiliki banyak opsi di posisi bek tengah menyusul cedera yang dialami Ryuji Utomo dan dipulangkannya Nurhidayat Haji Haris.

Skuad timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Thailand pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (3/6/2021) malam WIB.Dok. PSSI Skuad timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Thailand pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (3/6/2021) malam WIB.

Baca juga: Skuad Timnas Indonesia Berdasarkan Daerah Asal, dari Nusantara untuk Garuda

Pratama Arhan (Bek kiri)

Shin Tae-yong tak pernah mengubah komposisi kuartet lini belakang Garuda pada laga kontra Thailand dan Vietnam. Di posisi bek kiri, nama Pratama Arhan selalu muncul dalam starting XI timnas Indonesia.

Evan Dimas (Gelandang serang)

Pada saat berjumpa Thailand dan Vietnam, Shin Tae-yong selalu memainkan formasi yang sama yaitu 4-2-3-1 dengan posisi gelandang serang di belakang striker tunggal ditempati oleh Evan Dimas Darmono.

Evan bermain gemilang saat menghadapi Thailand dengan sumbangan satu gol dan terlibat dalam gol proses pertama Tim Garuda yang dicetak oleh Kadek Agung. Namun, ketika bersua Vietnam, Evan tak mampu berbuat banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com