Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Park Hang-seo, Sosok di Balik Keperkasaan Timnas Vietnam

Kompas.com - 08/06/2021, 06:30 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

KOMPAS.com - Sosok pelatih sebuah tim sepak bola memberi pengaruh besar pada penampilan pemainnya saat bertanding di lapangan.

Begitu juga dengan kemampuan Park Hang-seo, pelatih timnas Vietnam, yang mengangkat performa anak asuhnya hingga mampu memuncaki klasemen Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Park Hang-seo menerima tugas sebagai pelatih timnas Vietnam pada September 2017, sekaligus menukangi skuad U-23 yang tampil di Kejuaraan Asia 2018.

Timnas U-23 Vietnam di bawah arahan Park Hang-seo mampu melaju hingga partai final, sebelum akhirnya takluk dari Uzbekistan dengan skor 1-2 melalui babak tambahan.

Laju prestasi timnas Vietnam kemudian berlanjut dengan mencapai babak semifinal ajang Asian Games 2018 di Jakarta.

Adapun, torehan prestasi menonjol timnas Vietnam di bawah arahan Park Hang-seo adalah menjuarai Piala AFF 2018, melalui skor agregat 3-2 atas Malaysia.

Baca juga: Park Hang-seo, Dulu Diragukan, Kini Bawa Timnas Vietnam Raih Segalanya

Karier kepelatihan Park Hang-seo berawal sebagai asisten untuk timnas Korea Selatan di bawah pelatih kepala Guus Hiddink pada 2001.

Park Hang-seo menjadi salah satu bawahan pelatih Guus Hiddink saat mengantarkan timnas Korea Selatan menembus semifinal Piala Dunia 2002, lantas takluk dari Jerman dengan skor 0-1.

Usai sempat menangani timnas U-23 Korea Selatan, Park Hang-seo kemudian menjadi pelatih untuk sejumlah klub kompetisi sepak bola Korea Selatan, K-League.

Dalam kurun waktu 2005 hingga 2017, Park Hang-seo membesut tim seperti Gyeongnam FC, Chunnam Dragons, Sangju Sangmu, dan Changwon Citizen.

Capaian prestasi di tingkat klub diperoleh Park Hang-seo dengan membawa Chunnam Dragons menjuarai Piala Liga Korea Selatan pada 2008.

Lalu, Park Hang-seo juga membawa klub Sangju Sangmu memenangi titel kompetisi divisi kedua Liga Korea Selatan, K League 2, pada 2013 dan 2015.

Dampak besar pelatih Park Hang-seo terhadap prestasi timnas Vietnam, bahkan membuatnya meraih medali kehormatan dari pemerintah setempat pada 2020.

Medali kehormatan tersebut merupakan yang pertama diberikan oleh pemerintah Vietnam kepada warga negara asing.

Baca juga: Unggul Mutlak atas Park Hang-seo, Shin Tae-yong: Itu Masa Lalu...

Biodata Singkat Park Hang-seo

  • Nama Lengkap: Park Hang-seo
  • Tempat/Tanggal Lahir: Gyeongnam, Korea Selatan/1 Oktober 1957
  • Kebangsaan: Korea Selatan
  • Karier Kepelatihan: Gyeongnam FC (2005-2007) Chunnam Dragons (2007-2010) Sangju Sangmu (2011-2015) Changwon Citizen (2016-2017) Vietnam (2017-sekarang)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com