Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olimpiade Tokyo, Jepang Siapkan Teknologi Pantau Pandemi Covid-19

Kompas.com - 30/05/2021, 23:33 WIB
Josephus Primus

Penulis

Sumber Kyodonews

TOKYO, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang mempersiapkan teknologi untuk memantau perkembangan pandemi Covid-19 selama perhelatan Olimpiade dan Paralimpik Tokyo.

"Kami memanfaatkan teknologi pelacakan melalui aplikasi ponsel pintar dan GPS untuk mengetahui perkembangan pandemi Covid-19," kata Menteri Olimpiade Jepang Tamayo Marukawa, pada Jumat (28/5/2021).

"Teknologi itu juga akan mengecek seseorang terkontaminasi virus corona atau tidak," ujarnya.

Baca juga: Olimpiade Tokyo, Pemerintah Jepang Siapkan 20.000 Dosis Vaksin

Tak cuma itu, pemerintah Jepang, ujar Menteri Kesehatan Tamayo Marukawa, menyediakan 20.000 dosis vaksin Pfizer bagi program vaksinasi untuk seluruh atlet Jepang yang berpartisipasi di Olimpiade dan Paralimpik Tokyo.

Pada tahap awal, 2.500 atlet tersebut akan mendapatkan vaksinasi.

Ilustrasi vaksin Covid-19 Pfizer berbasis mRNA. Kini vaksin Pfizer dapat disimpan di suhu kulkas biasa. FDA telah izinkan penggunaan vaksin mRNA ini pada anak-anak usia 12 tahun hingga 15 tahun.SHUTTERSTOCK/ lupmotion Ilustrasi vaksin Covid-19 Pfizer berbasis mRNA. Kini vaksin Pfizer dapat disimpan di suhu kulkas biasa. FDA telah izinkan penggunaan vaksin mRNA ini pada anak-anak usia 12 tahun hingga 15 tahun.

"Penyuntikan vaksin dimulai pada awal Juni 2021," ucap Tamayo Marukawa.

Sebelumnya, Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan pihak Pfizer dan BioNTech sudah bersedia memasok kebutuhan vaksin Covid-19 untuk para atlet Olimpiade Tokyo.

Sasaran utamanya adalah 80 persen penghuni perkampungan atlet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kyodonews
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com