Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatian! Scudetto Bukan Trofi Juara Liga Italia

Kompas.com - 03/05/2021, 12:40 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Inter Milan telah memastikan diri sebagai peraih scudetto Serie A musim 2020-2021.

I Nerazzurri, julukan Inter Milan, mengunci gelar juara kompetisi teratas Liga Italia, Serie A, musim 2020-2021 pada pekan ke-34.

Mengoleksi 82 poin dari 34 laga, skuad besutan Antonio Conte itu kokoh di puncak klasemen Liga Italia.

Dengan menyisakan empat pertandingan lagi, perolehan poin Inter Milan sudah tidak bisa dikejar oleh para pesaingnya termasuk Atalanta, Juventus, dan AC Milan.

Inter pun mengakhiri puasa scudetto Serie A selama 11 tahun. Kali terakhir I Nerazzurri menjadi yang terbaik di Negeri Pizza adalah pada musim 2009-2010.

Baca juga: Perjalanan Inter Milan Meraih Gelar Juara Liga Italia 2020-2021

Bagi Inter, ini adalah gelar juara Serie A ke-19 dalam sejarah klub. I Nerazzurri berada di bawah Juventus (36) sebagai klub pengoleksi scudetto terbanyak.

Terkait scudetto sebagai simbol juara Liga Italia, banyak yang mengira bahwa istilah tersebut merujuk pada sebuah trofi.

Faktanya, scudetto bukanlah nama trofi juara Liga Italia Serie A.

Dalam bahasa Italia, scudetto memiliki arti perisai kecil.

Scudetto adalah lambang berbentuk perisai kecil berwarna hijau, putih, dan merah sesuai bendera Italia.

Baca juga: Perbedaan Scudetto dan Scudetti

Simbol atau hiasan dengan bagian pinggir berwarna emas itu dikenakan oleh klub yang memenangi kompetisi teratas Liga Italia, Serie A, musim sebelumnya.

Sebelumnya, turnamen atau kompetisi sepak bola nasional Italia yang dimulai pada 1897-1898 tak mendapatkan scudetto. Tim yang menjadi juara hanya mendapatkan trofi atau piala kejuaraan tersebut.

Lambang scudetto baru diperkenalkan pada 1924 dengan Genoa sebagai klub pertama yang memakai badge kehormatan tersebut.

Dengan demikian, Inter Milan yang merupakan juara Serie A 2020-2021 akan mengenakan lambang scudetto di jersey mereka pada musim mendatang yakni musim 2021-2022.

Baca juga: 5 Pelatih yang Sukses Raih Scudetto dengan 2 Klub Berbeda

Adapun, trofi juara Liga Italia Serie A sendiri bernama Coppa Campioni d'Italia yang secara resmi digunakan sejak musim 1960-1961.

Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, berpose bersama ibunya, Maria Dolores.DAILYMAIL Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, berpose bersama ibunya, Maria Dolores.

Dari 1961 hingga 2004, trofi tersebut diberikan kepada tim juara di kantor pusat Lega Nazionale Professionisti atau Lega Calcio yang merupakan penyelenggara kompetisi Serie A.

Namun sejak musim 2004-2005, trofi juara Serie A diberikan secara langsung kepada tim pemenang di lapangan pada pertandingan pekan terakhir musim tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com