Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Son Heung-min, Penyerang Tajam Tottenham Jebolan Bundesliga

Kompas.com - 16/04/2021, 20:40 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

KOMPAS.com - Korea Selatan memiliki sederet pemain sepak bola berbakat yang meniti karier di kompetisi teratas penjuru dunia, termasuk benua Eropa.

Salah satu nama yang mampu bertahan lama berkarier di benua Eropa, adalah penyerang sayap Son Heung-min.

Langkah karier Son di benua Eropa, berawal dari kesempatan untuk bergabung dengan akademi sepak bola klub Liga Jerman, Hamburger SV.

Peluang bergabung dengan akademi Hamburger SV muncul berkat adanya program pengiriman pemain muda berbakat dari Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) yang bergulir sejak 2002.

Gemblengan pelatih akademi Hamburger SV ditambah arahan dari sang ayah selama di Jerman, makin mengasah talenta Son Heung-min.

Baca juga: Profil Pep Guardiola, Pelatih Otoriter yang Akrab dengan Rekor

Meretas karier di Bundesliga dan mengguncang Premier League

Hamburger SV akhirnya resmi mengontrak Son Heung-min, yang melakukan debut untuk tim utama di ajang kompetisi teratas Liga Jerman, Bundesliga, pada Oktober 2010.

Momen debut Son Heung-min di pentas Bundesliga tersebut juga diwarnai gol yang dicetaknya ke gawang FC Koeln dalam laga yang berakhir dengan kekalahan Hamburger SV dengan skor 2-3.

Namun, gol tersebut menjadikan Son sebagai pencetak gol termuda Hamburger SV sepanjang sejarah partisipasi klub di ajang Bundesliga, dalam usia 18 tahun.

Tiga tahun berkarier bersama Hamburger SV, Son menerima tawaran bergabung dengan Bayer Leverkusen pada Juni 2013 dengan banderol transfer senilai 10 juta euro (setara 174 miliar rupiah).

Ketajaman Son Heung-min sebagai penyerang makin terlihat saat membela Bayer Leverkusen, dengan mencatatkan 29 gol dalam 87 penampilan.

Son Heung-min juga mampu mengantarkan Bayer Leverkusen tampil di pentas Liga Champions pada 2013-2014 dan 2014-2015.

Produktivitas bersama Bayer Leverkusen lantas menarik minat klub kasta teratas Liga Inggris (Premier League), Tottenham Hotspur, yang menebusnya seharga 30 juta euro (sekitar 523 miliar rupiah).

Musim debut Son Heung-min bersama Tottenham pada 2015-2016, tidak berjalan mulus dengan hanya menghasilkan empat gol dari 28 penampilan di ajang Premier League.

Namun, sejak musim 2016-2017 catatan gol Son Heung-min untuk Tottenham Hotspur di Premier League selalu menyentuh dua digit.

Belakangan, Son Heung-min mampu menjadi rekan ideal untuk penyerang Tottenham Hotspur lainnya, Harry Kane.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com