Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukuran Bola Sepak

Kompas.com - 02/04/2021, 09:20 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

Sumber FIFA,IFAB

KOMPAS.com - Sepak bola merupakan salah satu bentuk permainan bola besar yang dimainkan secara beregu sebanyak dua tim dengan masing-masing berisi 11 pemain.

Permainan sepak bola membutuhkan peralatan penting berupa sebuah bola sepak yang akan diperebutkan para pemain di lapangan.

Seperti dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bola adalah benda bulat yang dibuat dari karet. dan sebagainya untuk bermain-main.

Adapun keberadaan bola dalam permainan sepak bola juga menentukan jalannya pertandingan karena menjadi benda yang dimasukkan ke gawang untuk mencetak gol.

Terdapat ketentuan resmi mengenai ukuran dan berat bola sepak seperti termuat dalam panduan peraturan sepak bola seperti dikutip dari Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional.

Baca juga: Kick-off dalam Sepak Bola

Sejarah, Ukuran, dan Berat Bola Sepak

Bentuk bola sepak dalam permainan sepak bola sudah berbentuk bulat sejak ditetapkan oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris pada 1863.

Adapun, bola sepak pada permainan sepak bola pada awalnya memakai bahan kulit hewan sebelum mengunakan bahan karet vulkanisasi.

Penggunaan bola sepak modern berbahan karet kali pertama dimulai pada 1932 di Argentina dan terus berkembang hingga sekarang.

Seperti dilansir dari IFAB, bola sepak harus berbentuk bulat sempurna serta menggunakan bahan baku layak seperti kulit sintetik atau karet.

Ukuran bola yang digunakan oleh pertandingan sepak bola kategori dewasa atau berusia 12 tahun ke atas memiliki lingkar 68 hingga 70 cm (sentimeter).

Lingkar bola untuk permainan sepak bola usia dini atau anak-anak di bawah 12 tahun bisa berukuran lebih kecil.

Berat bola untuk permainan sepak bola sesuai standar FIFA adalah 410 hingga 450 gram, yang bisa diukur pada awal pertandingan.

Baca juga: Arah Berlari Wasit dalam Pertandingan Sepak Bola

Tekanan udara pada sebuah bola sepak sesuai ketentuan IFAB, harus mencapai 1 satuan atmosfer (atm) atau sekitar 14,7 psi.

Apabila dalam sebuah pertandingan bola mengempis atau berkurang tekanan udaranya, maka pertandingan bisa dihentikan untuk mengganti bola.

Wasit akan memulai kembali pertandingan dengan menggunakan bola baru sesuai pada titik ketika permainan dihentikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber FIFA,IFAB
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com