Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LaMello Ball Ukir Rekor Pencetak Triple Double Termuda NBA

Kompas.com - 10/01/2021, 17:20 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

Sumber NBA, ESPN

KOMPAS.com - LaMello Ball, guard Charlotte Hornets, mencatat sejarah sebagai pencetak triple double termuda dalam kompetisi bola basket nasional Amerika Serikat, NBA.

Prestasi tersebut dicapai Ball, saat timnya bertanding melawan Atlanta Hawks pada Sabtu (9/1/2021) atau Minggu pagi WIB.

Ball, yang berstatus sebagai rookie di musim ini, membuat 22 poin, 12 rebounds, serta 11 assist untuk membawa Hornets menundukkan Hawks dengan skor 113-105.

Baca juga: Hasil NBA - Hornets Libas Hawks, Hayward Cetak Poin Tertinggi Selama Karier

Kemenangan tersebut sekaligus menjadi yang ketiga secara beruntun dicatatkan oleh Hornets dalam lanjutan kompetisi reguler NBA musim ini.

Selain Ball, Terry Rozier, dan P.J Washington juga menjadi penyumbang angka terbanyak Hornets dalam laga tersebut dengan masing-masing membukukan 23 dan 22 poin.

Ball, yang baru menginjak 19 tahun 140 hari, mampu melewati catatan pemegang rekor sebelumnya yakni Markelle Fultz yakni 19 tahun 317 hari.

Ball baru tampil dalam sembilan pertandingan bersama Hornets musim ini dengan rata-rata mencetak 11,8 poin, 5,7 rebounds, dan 5,3 assist per laga.

Prestasi sang pemain membuat pelatih Hornets, James Borrego, merasa kagum seperti diungkapkannya setelah pertandingan di Spectrum Center tersebut.

Borrego menyebut pemain asuhannya itu memiliki kepercayaan diri serta ketenangan luar biasa sehingga sudah terlihat sebagai pemain berpengalaman di musim perdananya bersama Hornets.

"Seorang rookie 19 tahun tidak seharusnya tampil seperti itu, pemain muda yang dapat beraksi semacam itu di lapangan terbilang langka," kata Borrego seperti dilansir dari ESPN.

"Ia tidak goyah menghadapi pertandingan besar, cara bermainnya di lapangan seperti anggota tim yang telah bergabung selama beberapa tahun."

Ball pun mengalahkan capaian sederet pemain, ketika mereka mencetak perolehan triple double pertama sepanjang karier di NBA.

Baca juga: Hasil NBA - Cetak 38 Poin, Curry Jadi Motor Warriors Hantam Clippers

Salah satunya yaitu catatan milik peraih empat gelar MVP NBA, LeBron James, yang mencetak triple double pertama dalam kariernya saat berumur 20 tahun 20 hari.

Pemain bernama lengkap LaMelo LaFrance Ball itu dipilih oleh New Orleans Hornets dalam urutan ketiga putaran pertama draft pemain baru NBA pada awal musim ini.

Sebelum terjun berkompetisi di NBA, Ball sempat mencicipi kompetisi basket profesional Australia (NBL) bersama tim Illawarra Hawks pada periode 2019-2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com