Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Ini, Jerman Tak Gelar Balap Jet Darat

Kompas.com - 24/07/2020, 15:14 WIB
Josephus Primus

Penulis

HOCKENHEIM, KOMPAS.com - Pada 2020, Jerman tak menggelar balap jet darat alias F1.

"Agenda balap di sirkuit Hockenheim terkendala oleh pandemi Covid-19," kata Manajer Sirkuit Jorn Teske.

Traktor mengangkut mobil milik pebalap Ferrari Sebastian Vettel usai menabrak pembatas lintasan pada balapan Formula 1 (F1) GP Jerman yang berlangsung di Hockenheimring, Hockenheim, Jerman, Minggu (22/7/2018). Kemenangan diraih pebalap Mercedes Lewis Hamilton secara dramatis setelah mengawali balapan dari urutan ke-14.AFP PHOTO/ANDREJ ISAKOVIC Traktor mengangkut mobil milik pebalap Ferrari Sebastian Vettel usai menabrak pembatas lintasan pada balapan Formula 1 (F1) GP Jerman yang berlangsung di Hockenheimring, Hockenheim, Jerman, Minggu (22/7/2018). Kemenangan diraih pebalap Mercedes Lewis Hamilton secara dramatis setelah mengawali balapan dari urutan ke-14.

Baca juga: Hasil F1 GP Jerman 2019, Max Verstappen Rajai Hockenheim

Menurut Teske, kerumunan orang adalah faktor krusial di balik penundaan itu.

Sementara, protokol kesehatan pencegahan pandemi corona menekankan tidak adanya kerumunan orang.

Genangan air di trek Silverstone, Inggris 2018.MOTORSPORT.com Genangan air di trek Silverstone, Inggris 2018.

Balap F1 yang terealisasi pada 2020 kebanyakan dilaksanakan tanpa penonton.

Sejatinya, kata Teske, Hockenheim sudah siap menggelar balapan sejak Mei lalu.

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton memacu mobilnya di depan rekan setimnya Valtteri Bottas, pebalap Ferrari Kimi Raikkonen dan pebalap Red Bull Max Verstappen saat menjalani balapan Formula 1 (F1) GP Jerman yang berlangsung di Hockenheimring, Hockenheim, Jerman, Minggu (22/7/2018). Kemenangan diraih pebalap Mercedes Lewis Hamilton secara dramatis setelah mengawali balapan dari urutan ke-14.AFP PHOTO/ANDREJ ISAKOVIC Pebalap Mercedes Lewis Hamilton memacu mobilnya di depan rekan setimnya Valtteri Bottas, pebalap Ferrari Kimi Raikkonen dan pebalap Red Bull Max Verstappen saat menjalani balapan Formula 1 (F1) GP Jerman yang berlangsung di Hockenheimring, Hockenheim, Jerman, Minggu (22/7/2018). Kemenangan diraih pebalap Mercedes Lewis Hamilton secara dramatis setelah mengawali balapan dari urutan ke-14.

Kala itu, pihaknya menanti keputusan apakah Sirkuit Silverstone di Inggris bisa digunakan atau tidak berkenaan dengan pandemi corona.

Pada akhirnya, diputuskan bahwa Silverstone akan menggelar balapan pada Agustus mendatang.

Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, menjadi yang tercepat di Sirkuit Hockenheimring pada sesi kualifikasi GP Jerman, 21 Juli 2018. AFP/ANDREJ ISAKOVIC Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, menjadi yang tercepat di Sirkuit Hockenheimring pada sesi kualifikasi GP Jerman, 21 Juli 2018.

Sementara, Hockenheim, tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com