Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roland Garros Siap untuk Pertandingan Tanpa Penonton

Kompas.com - 10/05/2020, 20:12 WIB
Josephus Primus

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Stadion tenis Roand Garros siap untuk pertandingan tanpa penonton.

Ketua Federasi Tenis Perancis Bernard Guidicelli mengatakan kesiapan lapangan tenis tanah liat itu berkenaan dengan penundaan turnamen tenis internasional lantaran pandemi corona.

Baca juga: French Open 2020, Roger Federer Absen di Roland Garros karena Cedera Lutut

Grand Slam alias Kejuaraan Tenis Perancis Terbuka awalnya diagendakan pada 24 Mei 2020 hingga 7 Juni 2020.

Lantas, jadwal itu mundur ke 20 September 2020 - 4 Oktober 2020.

Baca juga: Thiem Bidik Gelar Wimbledon 2019 Setelah Gagal Juara di Roland Garros

"Kami tidak mengeluarkan lagi opsi lain. Roland Garros adalah yang pertama dan paling utama dalam kisah laga dan para pemain," kata Bernard Guidicelli.

Petenis Rumania, Simona Halep, merayakan kemenangan atas Garbine Muguruzapada semifinal Roland Garros 2018, 7 Juni 2018. AFP/ERIC FEFERBERG Petenis Rumania, Simona Halep, merayakan kemenangan atas Garbine Muguruzapada semifinal Roland Garros 2018, 7 Juni 2018.

Ia juga mengingatkan, turnamen Roland Garros dilaksanakan di stadion dan disiarkan di layar-layar televisi.

Menurut Guidicelli banyak pemirsa menanti turnamen di Rolad Garros.

Petenis tunggal putri asal Latvia, Jelena Ostapenko, memegang trofi Suzanne Lenglen setelah menjuarai Perancis Terbuka (Roland Garros) 2017 di lapangan Philippe-Chatrier, Paris, Perancis, Sabtu (10/6/2017). Ostapenko mengalahkan Simona Halep (Rumania) pada laga final.AFP/LIONEL BONAVENTURE Petenis tunggal putri asal Latvia, Jelena Ostapenko, memegang trofi Suzanne Lenglen setelah menjuarai Perancis Terbuka (Roland Garros) 2017 di lapangan Philippe-Chatrier, Paris, Perancis, Sabtu (10/6/2017). Ostapenko mengalahkan Simona Halep (Rumania) pada laga final.

Sementara, mengelola turnamen di Roland Garros tanpa penonton akan menjadi model bisnis dengan perolehan dari hak siar televisi hingga sepertiga pendapatan turnamen.

Kegiatan laga tenis internasional tertunda sejak pertengahan Maret 2020.

Petenins putri Swiss, Timea Bacsinszky, breaksi setelah meraih poin atas Jelena Ostapenko dari Latvia pada babak semifinal Perancis Terbuka (Roland Garros) di Paris, Kamis (8/6/2017).ERIC FEFERBERG/AFP PHOTO Petenins putri Swiss, Timea Bacsinszky, breaksi setelah meraih poin atas Jelena Ostapenko dari Latvia pada babak semifinal Perancis Terbuka (Roland Garros) di Paris, Kamis (8/6/2017).

Paling cepat, kelanjutan turnamen-turnamen bisa dimulai pada 13 Juli 2020.

Sementara itu, turnamen Wimbledon adalah turnamen yang ditunda kali pertama sejak penyelenggaraan pada Perang Dunia II.

Petenis Inggris Raya, Andy Murray, berupaya mengembalikan bola ke arah pemain Jepang, Kei Nishikori, pada laga perempat final Roland Garros 2017 di Paris, Perancis, Rabu (7/6/2017).AFP/CHRISTOPHE SIMON Petenis Inggris Raya, Andy Murray, berupaya mengembalikan bola ke arah pemain Jepang, Kei Nishikori, pada laga perempat final Roland Garros 2017 di Paris, Perancis, Rabu (7/6/2017).

Sementara, AS Terbuka yang agendanya ditetapkan pada 31 Agustus 2020 hingga 13 September 2020 di New York masih dalam pertanyaan apakah bisa dimajukan pada pertengahan Juni 2020.

Setiap tahun, sementara itu, hampir 500.000 fans hadir menyaksikan laga di Roland Garros.

Ilustrasi virus coronaShutterstock Ilustrasi virus corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com