Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renovasi Markas Barito Putera Ditargetkan Rampung Oktober 2020

Kompas.com - 27/04/2020, 22:00 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Dihentikannya kompetisi Shopee Liga 1 2020 akibat pandemi Covid-19 dimanfaatkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk mengerjakan renovasi Stadion Demang Lehman yang akan menjadi markas Barito Putera.

Melansir dari laman resmi Barito Putera, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemprov Kalimantan Selatan sudah menganggarkan dana untuk merenovasi Stadion Demang Lehman sejak awal 2020.

Dana sebanyak Rp 2 miliar yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kalimantan Selatan akan digelontorkan untuk membenahi stadion yang terletak di Martapura tersebut.

Renovasi yang bakal dikerjakan meliputi pembenahan fisik stadion, pemasangan LED video, dan juga perbaikan kualitas rumput.

Baca juga: Asisten Pelatih Barito Putera, Yunan Helmi, Sembuh dari Virus Corona

"Alokasi anggaran untuk renovasi dan rehabilitasi Stadion Demang Lehman tahun anggaran 2020 dengan pagu total sebesar dua miliar rupiah," kata Agung Dewanto selaku Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan.

"Alokasi anggaran tersebut rencananya digunakan untuk merenovasi beberapa jenis pekerjaan, mulai dari perawatan rumput, pengadaan dan pemasangan LED Video," imbuh dia.

Agung menambahkan, sejauh ini beberapa bagian fisik stadion yang akan direnovasi telah masuk dalam tahap lelang elektronik di Unit Layanan Pengadaan (ULP).

Lelang tersebut diharapkan selesai pada akhir bulan juli atau awal Agustus.

Baca juga: Kapten Barito Putera Usulkan Tambahan Gaji untuk Pemain Muda

"Harapan kami, pekerjaan tersebut segera selesai, karena menurut informasi akan segera digunakan untuk pelaksanaan putaran kompetisi liga sepak bola pada tahun 2020 ini di Kalimantan Selatan," terang Agung.

"Informasinya sekitar September atau Oktober 2020 ini," kata Agung menambahkan.

Terpisah, Lalu Wira Pratama selaku Local Generator Coordinator Barito Putera menjelaskan secara rinci bagian apa saja yang menjadi poin utama renovasi Stadion Demang Lehman.

"Terkait pembenahan fasilitas, ada beberapa pekerjaan yang dilakukan, antara lain peningkatan kualitas rumput, perbaikan fisik gedung (ruang ganti, lounge VIP, plafon di official area dan 17 toilet, baik di tribune VIP maupun tribune terbuka," ujar Wira.

"Pembenahan juga dilakukan pada scoring board digital (LED videotron), bench pemain dan fourth official, serta bench tim medis, barikade pembatas, dan juga mesin pompa air," lanjut Wira.

Baca juga: Cerita Pemain Barito Putera Karantina Mandiri di Papua

Sementara itu untuk perbaikan kualitas rumput dikerjakan oleh PT Lestarindo.

"Rumput lapangan sudah dilakukan perawatan oleh PT Lestarindo. Dananya juga memakai anggaran dari APBD 2020 Provinsi Kalimantan Selatan," tandas Wira.

Pada kompetisi Shopee Liga 1 2020, Barito Putera kembali bermarkas di Stadion Demang Lehman.

Stadion berkapasitas 15 ribu penonton itu menjadi pilihan Barito Putera lantaran proses renovasi Stadion 17 Mei belum rampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com