Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stadion Aston Villa Diubah Menjadi Klinik Bersalin

Kompas.com - 26/04/2020, 11:40 WIB
Kevin Topan Kristianto,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Klub Premier League Aston Villa, melakukan aksi mulia di tengah mewabahnya virus corona atau Covid-19 di kota Birmingham, Inggris.

Aston Villa membantu memerangi pandemi global tersebut dengan mengubah tribune utara markas mereka, Stadion Villa Park, menjadi tempat perawatan bersalin untuk ibu hamil.

Selain menjadi tempat bersalin ibu hamil, Stadion Villa Park juga bisa mengadakan konsultasi untuk orang tua baru dan tes skrining pendengaran bayi baru lahir.

Perawatan akan diadakan di box vip Tribune Utara dan akan dilayani oleh 10 bidan, dua pekerja pendukung, dan dua pekerja kesehatan. 

Klub asal Kota Birmingham itu bekerja sama dengan Rumah Sakit Sandwell & West Birmingham National Health Service.

Baca juga: Kapten Aston Villa Langgar Aturan Isolasi Diri Sampai Tabrak Mobil

Klinik bersalin di markas Aston Villa itu akan bisa digunakan mulai Senin (27/4/2020).

Guy Rippon, kepala Yayasan Aston Villa bangga bahwa klub dapat mendukung layanan kesehatan selama waktu yang dibutuhkan.

"Kami senang dapat membantu rumah sakit NHS lokal kami dengan membuka Villa Park sebagai klinik bersalin sementara," kata Guy Rippon dikutip dari laman resmi klub.

"Selama masa-masa tidak pasti ini, rumah terkenal kami akan menyediakan lingkungan yang aman bagi ibu hamil lokal dan bidan serta perawat mereka untuk dapat melakukan pekerjaan vital mereka." tambahnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Kebidanan Louise Wilde yang merupakan fans Aston Villa, mengaku sangat senang klub kesayangannya setuju dengan kerja sama ini.

"Saya sangat senang Aston Villa setuju untuk mengakomodasi rencana ini," kata Louise Wilde.

"Saya memutuskan untuk mendekati tim sepak bola lokal kami karena mereka berada dalam posisi yang sempurna untuk membantu kami memberikan klinik ini.

Baca juga: Tim Buntut Liga Inggris Pertahankan Alasan Rumahkan Pegawai

"Tidak ada pertandingan yang dimainkan dan secara geografis keduanya berada di tempat tepat untuk pasien kami,"

"Ini juga memberikan alternatif untuk beberapa ibu hamil yang khawatir untuk ke rumah sakit." ujarnya.

Adapun saat ini semua pertandingan Liga Inggris tengah ditunda.

Perwakilan Premier League, English Football League (EFL), dan perwakilan pemain serta manajer telah menyetujui bahwa kompetisi Liga Inggris musim ini baru akan dilanjutkan jika situasi benar-benar aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com