Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UEFA Buka Peluang Gelar Final Liga Champions pada 29 Agustus 2020

Kompas.com - 17/04/2020, 07:10 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) membuka peluang untuk menggelar final Liga Champions pada 29 Agustus 2020.

Melansir dari Sky Sports, UEFA kini sedang mempelajari beberapa proposal terkait tanggal final Liga Champions musim 2019-2020.

Salah satu proposal yang dipelajari UEFA adalah menggelar laga puncak Liga Champions pada 29 Agustus 2020, mundur tiga bulan dari jadwal semula.

Partai final Liga Champions musim ini sedianya bakal dihelat di Stadion Olympic Ataturk, Istanbul pada 30 Mei 2020.

Baca juga: UEFA Buka Opsi Liga Champions dan Liga Europa Digelar Tanpa Penonton

Namun, jadwal tersebut dipastikan berubah mengingat hingga kini Liga Champions masih ditunda akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, final Liga Europa yang sedianya dilangsungkan di Gdansk, Polandia pada 27 Mei 2020 berpeluang digelar pada 26 Agustus.

UEFA mengambil opsi 29 Agustus untuk menggelar final Liga Champions dan 26 Agustus 2020 untuk final Liga Europa dengan tetap memperhatikan perkembangan liga-liga Eropa.

Apabila kompetisi domestik bisa dilanjutkan pada Juni, UEFA berharap kompetisi antarklub Eropa juga dapat dilanjutkan pada waktu yang sama.

UEFA juga masih terbuka dengan opsi lainnya mengingat saat ini klub-klub lebih ingin menuntaskan kompetisi domestik terlebih dahulu.

Baca juga: Presiden UEFA: Liga Champions dan Liga Europa Harus Tuntas Agustus

Komite Eksekutif UEFA rencananya bakal melakukan pertemuan melalui teleconference pada Kamis (23/4/2020) guna membahas perkembangan terkini dampak pandemi Covid-19.

Pertemuan tersebut akan didahului dengan sesi penyampaian informasi kepada para sekretaris jenderal dari 55 anggota UEFA pada Selasa (21/4/2020).

"Komite Eksekutif UEFA akan melakukan pertemuan melalui teleconference pada Rabu (23/4/2020) untuk membahas perkembangan terkini terkait dampak yang dipicu oleh wabah virus corona di sepak bola Eropa," bunyi keterangan resmi UEFA.

"Pertemuan ini akan meninjau perkembangan kelanjutan kompetisi, baik domestik maupun Eropa. Jika diperlukan, informasi lebih lanjut akan disampaikan menyusul pertemuan Komite Eksekutif UEFA."

Baca juga: Rio Ferdinand: Messi Mempermalukan Saya pada Final Liga Champions 2011

Sebelumnya, UEFA telah menunda Euro 2020 serta membekukan Liga Champions dan Liga Europa untuk memberi kesempatan setiap negara menyelesaikan kompetisi domestik.

Euro 2020 ditunda sampai 2021 sementara Liga Champions dan Liga Europa disetop hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com