Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Santiago Bernabeu Diubah Jadi Barak Medis Hadapi Virus Corona

Kompas.com - 27/03/2020, 18:20 WIB
Angga Setiawan,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.comReal Madrid bakal merealisasikan rencana untuk mengubah markas mereka, Stadion Santiago Bernabeu, menjadi tempat untuk pengadaan peralatan medis.

Spanyol tengah melakukan lockdown ditengah ancaman wabah virus corona.

Hingga Jumat (27/3/2020) pagi WIB, Pusat Sistem Sains dan Teknik Johns Hopkins University, Amerika Serikat, mencatat, terdapat 57.786 orang diduga terjangkit Covid-19 di Spanyol dengan angka kematian mencapai 4.365 kasus.

Angka tersebut membuat Negeri Matador menjadi negara keempat dengan jumlah kasus virus corona terbanyak setelah China, Italia, dan Amerika Serikat.

Baca juga: Warganet Indonesia Iseng Bikin Bingung Pebulu Tangkis Putri Thailand

Selain itu Spanyol menjadi peringkat tertinggi kedua di dunia dengan kasus kematian akibat virus corona, melampaui China dengan 3292 kasus, dan di bawah Italia dengan 8215 kasus.

Demi mengatasi penyebaran virus corona, Real Madrid tengah menyiapkan rencana untuk mendonasikan Santiago Bernabeu sebagai pusat pengadaan medis sementara.

Melansir dari laman resmi klub, inisiatif tersebut telah disepakati Real Madrid bersama Dewan Tinggi Olahraga Spanyol.

Rencananya proyek Santiago Bernabeu sebagai barak medis disiapkan untuk pusat sarana distribusi peralatan kesehatan strategis.

Baca juga: Ada Nama Egy Maulana Vikri dalam Daftar Pewaris Lionel Messi

Seluruh materi mekanisme pengelolaan Santiago Bernabeu akan diserahkan kepada otoritas kesehatan Spanyol, dibawah kewenangan Pemerintah Pusat.

Proyek pengadaan Santiago Bernabeu dirancang sedemikian rupa sehingga semuanya dapat digunakan secara optimal dan efisien, dalam keadaan darurat menghadapi virus corona.

Selain itu juga, Real Madrid akan menfasilitasi kelompok dan perusahaan-perusahaan, yang secara khusus berhubungan dengan dunia olahraga dalam pemberian donasi.

Nantinya Real Madrid bakal berperan sebagai penyalur donasi dalam bentuk uang ataupun barang yang dinilai perlu diserahkan kepada Kementerian Kesehatan.

Baca juga: Konfirmasi Sampdoria Tutupi Jumlah Sebenarnya Korban Virus Corona

Inisatif yang dilakukan Real Madrid ini bakal menjadi dukungan bagi pemerintah dalam penjangkauan kesehatan meghadapi virus corona.

Sementara mekanisme pengawasan bakal bakal dikomando Kementrian kesehatan Spanyol yang dipusatkan dikota Valdemoro.

Kementerian Kesehatan Spanyal juga menjadi pihak yang bertanggung jawab menentukan tujuan donasi ke pusat kesehatan atau kelompok yang paling membutuhkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com