Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Lari London Marathon Digeser ke Oktober

Kompas.com - 14/03/2020, 18:00 WIB
Alsadad Rudi,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - London Marathon menjadi ajang olahraga internasional berikutnya yang terdampak pandemik wabah virus corona.

Ajang lari London Marathon sedianya digelar 26 April 2020.

Namun, penyelenggara memutuskan untuk menggeser jadwal ajang tersebut ke bulan Oktober.

"Dunia saat ini sedang berjuang keras melawan pandemik global COVID-19 dan kesehatan publik menjadi prioritas utama," demikian kata ketua panpel Hugh Brasher dalam pernyataan yang dilansir Antaranews.com dari Reuters, Sabtu (14/3/2020).

Keputusan itu sekaligus menunda pertarungan antara pelarih jarak jauh Kenya Eliud Kipchoge dan rivalnya asal Ethiopia, Kenenisa Bekele, mengingat hanya keduanya yang bisa melahap jarak 42,2 km dengan catatan waktu di bawah dua jam dua menit.

"Saya sepenuhnya menghormati keputusan panpel mengingat menjaga kesehatan dunia selalu jadi prioritas utama semua pihak," demikian cuit Kipchoge lewat akun Twitter pribadinya, @EliudKipchoge.

"Kepada ribuan pelari yang sudah sama-sama menghabiskan berbulan-bulan untuk mencapai London Marathon, saya berpesan: Berbanggalah atas kerja keras kalian dalam perjalanan ini, tetap tersenyum dan sampai bertemu di garis finis berikutnya," ujar juara tahun lalu itu menambahkan.

Baca juga: Istri Jelang Melahirkan, Pangeran Harry Muncul di London Marathon

Ajang London Marathon juga awalnya dipakai sebagai fase kualifikasi bagi atlet Britania Raya yang akan diberangkatkan ke Olimpiade Tokyo 2020.

Federasi atletik Britania Raya menyatakan akan menyelenggarakan ajang uji coba marathon terpisah untuk kualifikasi tersebut di lokasi yang tidak jauh dan jumlah peserta terbatas sekira 25-27 April.

London Marathon menyusul Boston Marathon, sebagai salah satu dari enam ajang marathon bergengsi dunia, yang sudah lebih dulu mengumumkan pengunduran jadwal dari 20 April ke pertengahan September.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com