Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asa Gubernur NTB Majukan Pariwisata Lewat Kompas Tambora Challenge

Kompas.com - 21/02/2020, 23:26 WIB
Farahdilla Puspa,
Ferril Dennys

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah berharap pariwisata NTB maju dan lebih meningkat dengan adanya event lari Kompas Tambora Challenge.

Kompas Tambora Challenge 2020 - Lintas Sumbawa 320K bakal berlangsung di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada 22-25 Juli 2020 mendatang.

Pada tahun keenam penyelenggaraannya, Kompas Tambora Challenge masih akan melewati tiga kabupaten dengan pemandangan indah yang memanjakan mata para pelari.

Kompas Tambora Challenge 320K ini akan melewati Kab. Sumbawa Barat, Sumbara, dan Dompu.

Baca juga: Kompas Tambora Challenge 2020 Hadirkan Tantangan Baru bagi Pencinta Ultra Marathon

Lapangan Poto Tano akan menjadi awal dimulainya event lari dengan rute terpanjang se-Asia Tenggara ini dan finis di Doro Ncanga, tepatnya di kaki Gunung Tambora.

Bagi Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, adanya event Kompas Tambora Challenge menjadi satu hal yang sangat menguntungkan untuk sektor pariwisata Nusa Tenggara Barat.

"Buat kami, satu hal yang luar biasa bisa dikenalkan kepada publik yang lebih luas tentang pertandingan, masyarakat, daerah kami, dan sebagainya," kata Zulkieflimansyah dalam konferensi pers di kawasan Senayan, Jumat (21/2/2020).

Zulkieflimansyah pun optimistis bahwa Kompas Tambora Challenge bisa menjadi salah satu gerbang utama kemajuan pariwisata NTB khususnya di pulau Sumbawa.

"NTB punya dua pulau besar, ada pulau Lombok dan Sumbawa. Kalau tidak ada aral melintang, tahun depan Lombok akan jadi tuan rumah MotoGP," kata Zulkieflimansyah.

"Begitu pula di Sumbawa. Dengan adanya event Kompas Tambora Challenge ini saya yakin pariwisata NTB akan jauh lebih maju dan dikenal oleh masyarakat," lanjutnya.

Di luar tantangan yang akan dihadapi, pelari sebenarnya diharapkan dapat tetap menikmati indahnya pesona tana samawa.

Seperti yang diungkapkan Hendra Siswanto, podium pertama kategori individu putra tahun 2019, "Race adalah saatnya selebrasi, kita nikmati perjalanannya, kita sapa para penduduknya, dan kita nikmati keindahan bumi Sumbawa."

Zulkieflimansyah menambahkan bahwa pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat siap untuk mendukung Pelaksanaan Kompas Tambora Challenge 320K tahun ini.

Baca juga: Hendra Siswanto Taklukkan Kompas Tambora Challenge 2019

"Kami akan membantu semaksimal mungkin yang kami mampu supaya pada akhirnya, instruksi dari bapak Presiden dapat terealisasi, bahwa nantinya akan tercipta destinasi pariwisata yang baru di Indonesia selain Bali" ujarnya.

Kompas Tambora Challenge 2020 - Lintas Sumbawa 320K masih akan mempertandingkan 2 kategori yaitu individual dan relay baik putra maupun putri.

Peserta kategori individual akan menempuh jarak 320 KM seorang diri, sedangkan peserta dalam kategori relay akan terdiri dari dua pelari yang secara bergantian akan menempuh jarak masing-masing 160 KM.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com