Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Vs Barito, Maung Bandung Masih Memiliki Banyak Pekerjaan Rumah

Kompas.com - 12/02/2020, 08:20 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung membukukan kemenangan saat beruji tanding dengan Barito Putera.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (11/2/2020) itu Persib menang dengan skor tipis 2-1.

Walau menang, Persib masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus segera dituntaskan sebelum kompetisi berlangsung. Salah satunya mengenai kreasi serangan.

Baca juga: Alasan 4 Pemain Berusia 18 Tahun Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Dalam uji tanding dengan Barito Putera, terlihat Persib masih minim kreasi serangan, terlebih pada babak pertama. Alur serangan yang dibangun Persib mudah dibaca barisan pertahanan lawan.

Selain itu, suplai bola ke lini depan pun minim. Hal tersebut membuat duet penyerang Persib Wander Luiz dan Geoffrey Castillion harus terus bergerak hingga ke tengah lapangan untuk menjemput bola.

"Pada 30 menit awal kami juga bermain lambat, sangat lambat dan kami tidak memulai pertandingan seperti yang sebelumnya sudah kami diskusikan," kata pelatih Persib, Robert Rene Alberts, seusai laga.

"Pemain terlalu banyak berpikir untuk melakukan tugas sesuai instruksi jadi kalian bisa melihat kami tidak bisa menampilkan permainan yang diinginkan," tutur dia menambahkan.

Setelah turun minum, Robert melakukan perubahan skema.

Formasi dengan tiga bek yang diterapkan pada babak pertama diubah dengan skema dasar 4-4-2.

Robert menarik keluar Fabiano Beltrame dengan Beckham Putra Nugraha sehingga menyisakan duet Nick Kuipers dan Victor Igbonefo di pos bek tengah.

Robert juga memasukan Supardi untuk menggantikan Zalnando.

Masuknya Supardi membuat Ardi Idrus yang bermain sebagai wing back kanan pada babak pertama bergeser menjadi fullback kiri, posisi aslinya.

Dedi Kusnandar pun dimasukan Robert untuk menggantikan peran Omid Nazari.

Duet gelandang Dedi Kusnandar dan Beckham, diapit oleh dua gelandang sayap, Febri Hariyadi (kanan) dan Esteban Vizcarra (kiri). Sementara lini depan tetap dihuni Wander dan Castillion.

Perubahan tersebut membuat permainan Persib lebih agresif. Permainan dengan tempo cepat ditunjukkan klub berjulukan Maung Bandung itu.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, dalam konferensi sebelum uji tanding dengan Barito Putera, di Graha Persib, Kota Bandung, Senin (10/2/2020).KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, dalam konferensi sebelum uji tanding dengan Barito Putera, di Graha Persib, Kota Bandung, Senin (10/2/2020).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com