Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jadi Tuan Rumah Free Fire Champions Cup 2020

Kompas.com - 12/02/2020, 04:20 WIB
Nirmala Maulana Achmad

Penulis

KOMPAS.com - Bidang esports di Indonesia terus mengalami perkembangan. Berbagai kejuaraan esports berskala besar diselenggarakan di Tanah Air belakangan ini.

Kini, dalam waktu dekat, Indonesia akan menggelar kejuaraan esports berkelas dunia lagi.

Indonesia, untuk pertama kalinya, terpilih menjadi tuan rumah kejuaraan esports Free Fire Champions Cup, yang akan bergulir di Jakarta, pada 19 April 2020.

Turnamen yang khusus memperlombakan cabang gim Free Fire besutan Garena ini akan diikuti sebanyak 12 tim esports mancanegara. Mereka berasal dari empat benua yaitu Asia, Amerika, Eropa, dan Afrika.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, Turnamen Esports Asia Pacific Predator League 2020 Ditunda

Sebagai kejuaraan bergengsi, Free Fire Champions Cup 2020 akan memperebutkan total hadiah tidak kurang senilai Rp 8,18 miliar.

Direktur Garena Indonesia, Hans Kurniadi Saleh, mengatakan terpilihnya Indonesia sebagai penyelenggara Free Fire Champions Cup merupakan hal menggembirakan bagi ekosistem dan industri esports Tanah Air.

Sebab, untuk menjadi tuan rumah, Indonesia harus melalui proses negosiasi dan bidding yang cukup panjang. Hanya negara-negara dengan indikator pertumbuhan esports yang baik yang bisa menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Free Fire.

“Terpilihnya Indonesia sebagai penyelenggara kejuaraan Free Fire Champions Cup menunjukan bahwa ekosistem esports Tanah Air terus terbangun," tutur Hans, dalam jumpa pers yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (10/2/2020).

"Mulai dari komunitas hingga industri esports mampu memberi dampak positif terhadap ekonomi digital. Kami terus berupaya menjadi bagian dalam perkembangan esports di Indonesia yang sejalan dengan visi dan misi pemerintah,” kata dia melanjutkan.

Free Fire Champions Cup 2020 di Jakarta menandai pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah turnamen esports bertaraf dunia yang diikuti oleh negara-negara tak hanya dari Benua Asia.

Saat ini, Indonesia menjadi negara kedua di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah turnamen esports dunia. Sebelumnya, ada Thailand sukses menyelenggarakan Free Fire World Cup 2019 di Bangkok.

Indonesia, untuk pertama kalinya, terpilih menjadi tuan rumah kejuaraan esports Free Fire Champions Cup, yang akan bergulir di Jakarta, pada 19 April 2020.DOK. GARENA Indonesia, untuk pertama kalinya, terpilih menjadi tuan rumah kejuaraan esports Free Fire Champions Cup, yang akan bergulir di Jakarta, pada 19 April 2020.

Dalam kejuaraan dengan penonton online global mencapai lebih dari 8.480.000 tersebut, tim esports Indonesia EVOS berhasil keluar sebagai juara dan mengibarkan Sang Merah Putih.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) merespons positif atas keberhasilan Indonesia terpilih menjadi penyelenggara Free Fire Champions Cup 2020.

Baca juga: Divisi PES SBO Esports Rekrut Peraih Peringkat Ketiga Piala Presiden Esports 2020

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto mengatakan, pihaknya mendukung penuh turnamen tersebut guna melahirkan talenta-talenta esports Indonesia yang berprestasi. Seperti terbukti ketika EVOS berhasil menjadi juara dunia Free Fire di Bangkok tahun lalu.

“Kementerian Pemuda dan Olahraga menyambut positif turnamen Free Fire Champions Cup 2020, dan mendukung turnamen ini bisa berlangsung sukses. Kami berharap event ini akan memperkaya, menambah semakin banyaknya event-event lingkup dunia di Indonesia,” ujar Gatot.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com