Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

L'etape Indonesia by Tour de France Bakal Lestarikan Budaya Lombok

Kompas.com - 11/02/2020, 15:20 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajang balap sepeda internasional, L'etape Indonesia by Tour de France 2020, dipastikan bakal mengangkat budaya Lombok, Nusa Tenggara Barat.

L'etape Indonesia by Tour de France 2020 akan berlangsung selama tiga hari dan puncaknya pada Minggu (5/4/2020) di Kota Lombok.

Lokasi balapan L'etape Indonesia by Tour de France adalah di sekitar pantai Kuta Mandalika.

Selain untuk promosi pariwisata, L'etape Indonesia by Tour de France juga akan mengangkat budaya Indonesia, khususnya Lombok pada edisi pertamanya.

Hal ini diungkapkan Zacky Badrudin, Founder Rocca Sports Event and Management, selaku pemegang lisensi L'etape Tour de France di Indonesia.

"Kami juga akan mengangkat budaya Indonesia. Corak batik khas Sumbawa dan ilustrasi gunung Rinjani akan tampak di jersey pemenang," kata Zacky kepada Kompas.com, Selasa (11/2/2020).

"Selain itu, budaya Indonesia juga akan terlihat di medali yang akan dipakai peserta dan pemenang. Nanti akan kami perlihatkan saat konfrensi pers," ujar Zacky menambahkan.

Baca juga: Selain MotoGP, Lombok Jadi Lokasi Letape Indonesia by Tour de France

Penyelenggaraan L'etape Indonesia by Tour de France 2020 patut dirayakan. Sebabnya, ini adalah kali pertama Indonesia masuk dalam kalender L'etape by Tour de France.

Pada tahun ini, Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah bersama 20 negara lainnya, seperti Australia, Brasil, China, dan Thailand.

Rencananya L'etape Indonesia by Tour de France tiga kali diselenggarakan di Lombok setiap tahunnya.

Pada edisi pertama, L'etape Indonesia akan mengusung tema "Experience Tour de France'.

Penyelenggara berharap setiap peserta yang ikut bisa merasakan pengalaman balapan layaknya pebalap sepeda profesional di Tour de France.

Hal ini tercermin dari pemilihan rute dan empat jersey yang akan diperebutkan di L'etape Indonesia seperti Tour de France biasanya.

Empat jersey itu berwarna hijau, polka dot (bintik), putih, dan kuning. Setiap warna jersey ini memiliki arti masing-masing.

Jersey yang paling prestis tentunya adalah yang berwarna kuning. Jersey kuning atau yang bisa disebut Maillot June itu akan diberikan kepada pebalap tercepat L'etape Indonesia by Tour de France.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com