Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Undian Ulang BATC 2020, Jumpa Korea Selatan, Tim Putra Indonesia Tetap Siap

Kompas.com - 10/02/2020, 22:40 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Manajer tim bulu tangkis Indonesia, Susy Susanti, menyatakan kesiapan tim putra Indonesia dalam menghadapi Korea Selatan di ajang BATC 2020.

Korea Selatan menjadi satu-satunya pesaing Indonesia dalam babak kualifikasi Grup A BATC 2020 berdasarkan hasil undian ulang yang telah diumumkan pada Senin (10/2/2020).

Keputusan untuk mengadakan pengundian ulang terjadi akibat dua negara peserta BATC 2020, China dan Hong Kong, menyatakan mundur.

Langkah pengunduran diri China dan Hong Kong tidak terlepas dari aturan Pemerintah Filipina mengenai pendatang dari kedua negara tersebut di tengah wabah virus corona.

Menanggapi hasil undian ulang BATC 2020, manajer tim bulu tangkis Indonesia, Susy Susanti, mengaku siap menghadapi situasi tersebut.

"Memang perubahan draw ini bisa menguntungkan, bisa juga merugikan. Namun, dari awal kami sudah siap kalau ada perubahan seperti ini, yang penting dari tim dan individu masing-masing siap," ucap Susy, dikutip dari laman resmi Badminton Indonesia.

Baca juga: Hasil Undian Ulang Kejuaraan Beregu Asia 2020, Tim Putra Indonesia Satu Grup dengan Korea Selatan

Susy Susanti pun turut menjelaskan keuntungan dan kerugian yang akan dirasakan tim putra Indonesia dari diadakannya pengundian ulang BATC 2020

"Di satu sisi kami bisa lebih irit tenaga," ujar Susy.

"Namun, di pertandingan pertama, langsung dapat lawan yang lumayan kuat (Korea Selatan). Kami tidak boleh lengah," tutur dia.

Selain berdampak pada keikutsertaan China dan Hong Kong pada BATC 2020, virus corona juga memengaruhi keputusan panitia penyelenggara untuk memberi kelonggaran kepada para peserta.

Dilansir dari Badminton Indonesia, para atlet diperbolehkan untuk tidak bersalaman dengan lawan, wasit, serta hakim servis, sebelum atau sesudah pertandingan.

"Khusus untuk kejuaraan ini, para atlet dikasih kelonggaran. Boleh salaman, boleh enggak salaman. Kalau enggak salaman, boleh cuma kasih salam seperti yang biasa dilakukan pemain asal Thailand," tutur Susy.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, Gala Dinner BATC 2020 Ditiadakan

Tim putra Indonesia dijadwalkan tampil pada hari Rabu (12/2/2020) pukul 16.00 waktu Manila, tempat digelarnya ajang BATC 2020 tersebut.

Sebelum itu, tim putri Indonesia akan berjuang lebih dulu menghadapi tuan rumah, Filipina, pukul 10.00 waktu Manila.

Berikut hasil undian ulang BATC 2020:

Putra

Grup A - Indonesia, Korea
Grup B - India, Malaysia, Kazakhstan
Grup C - Taiwan, Singapura, Filipina
Grup D - Jepang, Thailand

Putri

Grup W - Jepang, Malaysia
Grup X - Korea, Kazakhstan
Grup Y - Thailand, Indonesia, Filipina
Grup Z - Taiwan, Singapura

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com