Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimistis dengan Aprilia, Aleix Espargaro Teringat Yamaha

Kompas.com - 09/02/2020, 19:51 WIB
Angga Setiawan,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Tim MotoGP Aprilia dinilai bisa menyandingkan diri untuk sejajar dengan pabrikan Yamaha dalam motor.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung salah satu pebalapnya, Aleix Espargaro.

Aprilia memang lebih sering disebut sebagai tim dengan kualitas gurem di MotoGP.

Dalam tiga musim terakhir, mereka selalu berada di urutan terbawah dalam klasemen konstruktor MotoGP meski berstatus sebagai tim pabrikan.

Baca juga: Hasil Tes MotoGP - Quartararo Hat-trick Tercepat, Marquez Crash Dua Kali

Saking buruknya, motor Aprilia RS-GP sampai dihujat pebalapnya sendiri, yaitu Scott Redding, seperti sampah yang sudah tak tertolong lagi.

Aprilia kemudian berbenah. Setelah memperbaiki kinerja organisasi internal mereka, fokus berikutnya adalah membuat RS-GP menjadi tunggangan yang membanggakan.

"Motornya dibangun pada 2017, jadi (RS-GP) adalah motor yang sudah berusia tiga tahun," kata test rider Bradley Smith, dilansir dari Motomatters, soal perlunya perbaikan motor Aprilia.

Motor Aprilia mengalami perombakan total. Tak terkecuali mesin baru dengan sudut V 90 derajat demi menambah daya mesin dan engine braking.

Baca juga: Livery Suzuki Ecstar MotoGP Terinspirasi dari Motor Balap RT67

Kerja keras Aprilia membuahkan hasil. Wajah baru RS-GP mendapat sambutan hangat dari pebalap andalannya, Aleix Espargaro.

"Pastinya jauh lebih baik," kata Aleix Espargaro setelah menjajal motor balap barunya dalam tes pramusim MotoGP 2020, dilansir dari AutoSport.

"Sulit membandingkannya karena semuanya baru. Hal terbaik yang bisa saya katakan adalah berbelok, saat Anda melepas rem depan, motornya sedikit lebih mudah dibelokkan," ucapnya.

"Posisi tubuh pebalap juga jauh lebih bagus. Mesin baru ini memiliki karakter yang sangat mudah untuk dikendarai, ini super elektrik," kata pebalap asal Spanyol itu.

Baca juga: Hasil Tes MotoGP Sepang Hari 2, Quartararo Masih Perkasa, Marquez Kecelakaan

Meski masih belum puas dengan akselerasi si kuda besi, Espargaro merasa senang. Utamanya, karena RS-GP 2020 memiliki karakter yang sangat halus.

Espargaro pun menyandingkan motor baru Aprilia dengan Forward Yamaha yang membawanya mencapai prestasi tertinggi di MotoGP.

"Saya jadi teringat dengan Forward Yamaha yang saya kendarai lima tahun lalu, dan itu sangat bagus karena merupakan salah satu motor terbaik saya," tutur Espargaro.

Meski demikian, Espargaro enggan terlalu jemawa. Bagi dia, masih ada banyak aspek yang perlu ditingkatkan untuk bisa tampil kompetitif musim depan.

"Jadi kami masih berada dalam tahap awal, tetapi kami menuju ke arah yang benar," ujar Espargaro. (Ardhianto Wahyu Indraputra)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com