Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maruarar Sirait Yakin Indonesia Sukses Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

Kompas.com - 03/02/2020, 05:33 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.COM - Dewan Pembina Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (PP Perbasi), Maruarar Sirait, mengaku yakin Indonesia akan sukses saat menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023. 

Seperti diketahui, Indonesia menjadi salah satu dari tiga tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 bersama Filipina dan Jepang. Sebagai tuan rumah event dunia tersebut, tentu tantangan yang dihadapi Indonesia tidak mudah.

Indonesia diminta untuk bisa menggelar Piala Dunia Basket lebih baik ketika ajang itu dimainkan di China 2019 lalu.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris, Man City Kalah, Liverpool Makin Jauh

Ara, sapaan akrab Maruarar, yakin bisa menjawab tantangan tersebut berkaca dari prestasi Indonesia sebagai tuan rumah di ajang multi event Asia, Asian Games 2018.

Meski sempat diragukan apakah Indonesia bisa menyiapkan sarana dan prasarana dengan baik, nyatanya di bawah kendali Erick Thohir yang ditunjuk sebagai ketua INASGOC kala itu, Indonesia sukses sebagai tuan rumah.

Tidak hanya sukses sebagai penyelenggara ajang empat tahunan tersebut, Indonesia juga mampu berbicara banyak dari segi prestasi.

Indonesia mampu menembus posisi keempat dalam perolehan medali. Dengan mampu meraih 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Atau dengan total raihan 98 medali.

“Beruntung Indonesia punya pak Presiden Jokowi. Dulu banyak orang yang meragukan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, bisa apa tidak? Beliau menunjuk pak Erick Thohir yang memang teruji, profesional, berintegritas. Akhirnya bisa berjalan dengan sangat baik dari segi penyelenggaraan dan juga prestasi,” ungkap Maruarar di Mahaka Squere, Jakarta, Minggu (2/2/2020).

“Menurut saya hampir sama saja. Prestasi pembinaan dalam kejuaraan dunia basket tentunya harus juga jadi pencapaian yang harus diusahakan. Tapi juga persiapan manajemen, teknis juga penting vital. Dengan bimbingan semua pihak termasuk pak Menpora (Zainudin Amali) juga luar biasa dukungannya saya yakin kita bisa sukses,” lanjut Ara yang hadir di Mahaka Squere atas undangan Ketua PP Perbasi, Danny Kosasih, dan Direktur Utama (Dirut) Liga Bola Basket Indonesia (IBL), Junas Miradiarsyah.

Dalam ajang Piala Dunia Basket 2023, Indonesia memang masih belum otomatis sebagai salah satu kontestan meski bertindak sebagai tuan rumah.

Skuad tim nasional (timnas) Basket Indonesia harus lebih dulu melalui babak Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 jika ingin lolos ke Piala Dunia.

Dalam babak kualifikasi tersebut, Indonesia tergabung di Grup A. Mereka akan bersaing bersama Filipina, Thailand, dan Korea Selatan (Korsel).

Total ada 24 negara dan 6 grup akan berpartisipasi dalam kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Dua tim teratas masing-masing grup langsung meraih tiket putaran final.

Enam negara di peringkat ketiga klasemen akan menjalani putaran kedua untuk memperebutkan empat slot dari total 16 peserta.

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 digelar dengan format kandang-tandang pada Februari 2020 hingga Februari 2021.

Dewan Pembina Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (PP Perbasi), Maruarar Sirait, yakin jika Indonesia akan sukses sebagai tuan rumah layaknya ketika menggelar Asian Games 2018.Dok. Pribadi Dewan Pembina Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (PP Perbasi), Maruarar Sirait, yakin jika Indonesia akan sukses sebagai tuan rumah layaknya ketika menggelar Asian Games 2018.

Ara yakin Indonesia bisa lolos ke Piala Dunia. Dia melihat spirit untuk memajukan basket Indonesia sangat lah besar.

“Saya yakin basket Indonesia akan maju. saya melihat spirit itu sangat kuat di basket. Saya yakin basket akan maju, apalagi ada sosok pak Erick Thohir," tutur Ara. 

"Walau kita tahu sudah tidak lagi menjadi pengurus basket di Indonesia, beliau tentu menjadi parameter. Sinergi dari semua ini akan jadi kekuatan luar biasa untuk bisa membuat basket Indonesia maju,” jelas Ara yang juga Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden Basket 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com