Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Cristiano Ronaldo yang Hampir Gabung Liverpool...

Kompas.com - 31/01/2020, 16:40 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

Sumber GOAL

KOMPAS.comLiverpool memiliki kisah sendiri dengan Cristiano Ronaldo. Mereka ternyata sempat ingin mendatangkan Ronaldo.

Hal itu disampaikan langsung oleh legenda hidup Liverpool, Phil Thompson.

Cerita tersebut terjadi pada musim panas 2003. Saat itu, Ronaldo masih berstatus sebagai wonderkid Sporting CP.

Beberapa klub Liga Inggris mencium bakat Ronaldo, salah satunya Liverpool.

Baca juga: Cristiano Ronaldo, Manusia Pertama dengan 200 Juta Follower di Instagram

Thompson yang kala itu masih menjabat sebagai asisten Liverpool, ingin melihat secara langsung skill olah bola Ronaldo.

Singkat cerita, ia terkesan dengan kemampuan Ronaldo. Namun, Thompson belum mau terburu-buru mengajukan tawaran kepada Sporting CP.

"Saya diberitahu bahwa harga Ronaldo saat itu adalah 4 juta pounds (sekitar Rp 71,8 miliar, kurs per hari ini)," ucap Thompson kepada The Athletic, dikutip dari Goal.

"Namun mereka menjelaskan bahwa itu bisa dicicil selama empat tahun masa kontrak, jadi intinya 1 juta pounds per tahun," ujar Thompson.

"Saya bertanya gaji seperti apa yang dia inginkan dan mereka mengatakan, 1 juta pounds per tahun setelah pajak. Pikir saya, jumlah itu terlalu banyak bagi pemain 18 tahun dan mereka mengatakan masih bisa dinegosiasikan."

Thompson kemudian kembali ke Liverpool guna berdiskusi dengan jajaran manajemen klub, termasuk pelatih kepala Gerard Houllier.

"Pada waktu itu Minggu dan saya mengatakan kepada mereka bahwa saya harus kembali ke Liverpool dan berbicara dengan Gerard Houllier," tutur Thompson.

Baca juga: Juergen Klopp Tak Peduli dengan Omongan Liverpool Juara Liga Inggris

Namun, berselang beberapa hari, Thompson melihat muka surat kabar Sky Sports yang menulis, 'Manchester United mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Sporting CP dengan harga 12,2 juta pounds.'

"Saya tidak bisa percaya. Bagaimana bisa harganya naik dari 4 ke 12,2 juta pounds hanya selang beberapa hari?," kata Thompson.

Liverpool panik. Mereka kemudian menghubungi perantara yang terlibat dalam proses transfer Ronaldo, Tony Henry, untuk mengetahui apa yang terjadi.

Tony pun mengonfirmasi, Liverpool telah gagal mendaratkan Ronaldo ke Stadion Anfield.

"Sungguh mengherankan bahwa nilai Ronaldo naik tiga kali lipat. Dia jelas talenta besar, tetapi tidak ada yang bisa meramalkan saat itu betapa hebatnya Ronaldo," ucap Thompson.

Hingga kini, Ronaldo berada di urutan kedua dengan koleksi gelar Ballon d'Or terbanyak (5 kali), setelah megabintang Barcelona, Lionel Messi (6 kali).

Tak hanya itu, Ronaldo juga mengoleksi total 31 trofi juara, terbagi untuk timnas Portugal, Sporting CP, Manchester United, Real Madrid dan Juventus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GOAL
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com