Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Copa del Rey, 5 Catatan Menarik dari Kemenangan Barcelona atas Leganes

Kompas.com - 31/01/2020, 04:52 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Barcelona masih terlalu perkasa ketika menjamu Leganes pada babak 16 besar Copa del Rey.

Dalam pertandingan di Stadion Camp Nou, Kamis (30/1/2020) atau Jumat dini hari WIB, klub berjulukan The Catalans ini menang dengan skor telak 5-0.

Lionel Messi menjadi sosok sentral dalam kemenangan tersebut. Sebab, pemain dengan julukan La Pulga ini mencetak dua gol dan melakukan satu assist.

Baca juga: Copa del Rey, Barcelona Taklukkan Leganes 5-0 dan Messi Jadi Bintang

Penyerang internasional Perancis, Antoine Griezmann, membuka pesta gol Barcelona. Dia mencetak gol pada menit keempat, memanfaatkan umpan Nelson Semedo.

Setelah itu, giliran Clement Lenglet yang membobol gawang tim tamu untuk membuat Barcelona unggul 2-0. Dia memanfaatkan umpan Messi.

Pada paruh kedua, Barcelona menambah dua gol yang dihasilkan Messi. Si kidal asal Argentina ini mencetak gol pada menit ke-59 dan 89 untuk memastikan Barcelona menang 5-0 dan lolos ke babak perempat final.

Hasil laga ini pun menorehkan sejumlah catatan menarik.

Berikut ini lima hal penting dalam kemenangan Barcelona atas Leganes:

1. Lionel Messi menorehkan gol ke-500 di Spanyol

Kemenangan Barcelona atas Leganes menghadirkan prestasi penting untuk sosok Lionel Messi. Sebab, sepanjang kariernya bersama Barcelona, sang kapten sudah mencatat gol ke-500.

Jumlah tersebut dia torehkan bersama Barcelona dalam tiga kompetisi domestik di Spanyol meliputi La Liga (kasta tertinggi Liga Spanyol), Copa del Rey dan Piala Super Spanyol.

2. Leganes jadi lumbung gol Messi

Dua gol dalam pertandingan ini semakin menegaskan bahwa Leganes menjadi lumbung gol Messi. Bagaimana tidak, penyerang dengan julukan La Pulga ini sudah mencetak 10 gol ke gawang lawan.

Padahal, secara keseluruhan Barcelona baru bertemu Leganes delapan kali.

3. Nelson Semedo menambah kontribusi bagi Barcelona

Antoine Griezmann membawa Barcelona unggul 1-0 ketika laga baru berlangsung empat menit. Penyerang asal Perancis ini membobol gawang Leganes setelah memanfaatkan umpan Nelson Semedo.

Nah, bagi Nelson Semedo, assist ini menjadi catatan penting dalam kariernya bersama Barcelona. Pasalnya, ini merupakan assist ketiga Nelson Semedo dalam 22 pertandingan bersama Barcelona sepanjang musim 2019-2020.

Dengan demikian, Nelson Semedo sudah membuat satu assist lebih banyak dibandingkan kontribusinya pada masa lalu. Sebab, Nelson Semedo hanya bisa membuat dua assist dalam 82 pertandingan di semua kompetisi.

4. Barcelona lanjutkan dominasi atas Leganes

Laga babak 16 besar ini menjadi pertemuan pertama Barcelona dengan Leganes di pentas Copa del Rey. Meskipun demikian, secara keseluruhan mereka sudah bertemu sebanyak delapan kali.

Terhitung dengan kemenangan ini, Barcelona melanjutkan dominasinya atas Leganes. Hingga kini, klub berjulukan The Catalans tersebut sudah tujuh kali meraih kemenangan atas sang lawan dan baru sekali kalah yang terjadi pada 26 September 2018.

5. Javier Aguirre selalu kesulitan bertemu Barcelona

Javier Aguirre merupakan pelatih baru Leganes. Sebelum bertemu Barcelona, dia memimpin tim tersebut dalam 11 pertandingan di mana mereka menelan tiga kekalahan.

Dalam kariernnya, sang pelatih punya catatan tak terlalu bagus ketika bertemu Barcelona. Termasuk apa yang didapatkan dalam laga Copa del Rey ini, Javier Aguirre hanya mampu mengalahkan Barcelona sebanyak dua kali dalam 23 pertandingan. Namun untuk ajang Copa del Rey, dia belum pernah meraih kemenangan atas Barca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com