Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U16 Berhasil Menang Telak Saat Lawan Dua Tim Lokal Jatim

Kompas.com - 29/01/2020, 16:40 WIB
Suci Rahayu,
Ferril Dennys

Tim Redaksi


SIDOARJO, KOMPAS.com - Timnas Indonesia U16 kembali memetik hasil manis saat menjalani uji coba dengan format trofeo di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (29/1/2020) pagi.

Anak asuhnya Bima Sakti berhasil menang dengan skor 5-0 atas YTL Probolinggo dan 3-0 atas GSI Jatim.  Seusai uji coba Bima Sakti menegaskan hasil bukanlah yang utama dalam hal ini.

Dia lebih melihat bagaimana perkembangan anak asuhnya selama digembleng di pemusatan latihan dalam dua minggu terakhir ini.

“Kita sengaja mengajak GSI dan YTL Probolinggo. Masalah hasil dan masalah kemenangan bukanlah tujuan utama, yang paling penting apa yang ditampilkan anak-anak buah latihan selama ini,” kata Bima Sakti.

Baca juga: AC Milan Vs Juventus, Panggung untuk Ibrahimovic dan Cristiano Ronaldo

Selain itu Bima mengungkapkan memang sengaja memilih pertandingan trofeo di pagi hari.

Pertandingan trofeo memang lebih menguras stamina dan pikiran daripada pertandingan biasa. Dengan durasi yang pendek, tempo permainan cenderung cepat sehingga mengharuskan pemain terus berlari untuk mencetak angka.

Selain masalah tempo permainan, pemain juga dihadapkan dengan cuaca pagi hari yang semakin terik menjelang siang sehingga benar-benar menguji stamina pemain.

“Pastinya perbaiki stamina mereka juga, karena itu sengaja kami gelar latihan trofeo ini di pagi hari. Agar mereka semakin panas dan mendapatkan manfaat baik dari segi teknik dan juga fisik,“ imbuhnya.

Di sisi lain Bima mengaku sedikit kurang puas lantaran batal menggelar uji coba melawan tim luar.

Padahal uji coba tersebut menjadi pertandingan yang dia nanti untuk mengukur kemampuan anak asuhnya.

Walaupun pada akhirnya dia mengakui bisa memetik banyak evaluasi dari pertandingan melawan tim lokal.

“Sebenarnya kita inginnya lawan timnas luar, tetapi karena batal kita kemudian mencari tim lokal. Harusnya lawannya yang levelnya di atas kita. Mereka sebenarnya bagus untuk belajar timnas melawan tim negatif defend,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com