Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fokus Tingkatkan Kondisi Fisik Pemain, Persipura Gelar TC di Batu

Kompas.com - 27/01/2020, 21:40 WIB
Suci Rahayu,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

BATU, KOMPAS.com - Tidak ingin kalah dengan persiapan kontestan Liga 1 lainnya, Persipura Jayapura menggelar pemusatan latihan di Kota Batu, Jawa Timur.

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago menekankan aspek pemulihan kebugaran kondisi fisik Boaz Solossa dkk menjadi fokusnya selama TC.

Persipura memboyong 26 pemain mereka termasuk tiga pemain yang sedang mengikuti seleksi magang.

Baca juga: Kobe Bryant Sempat Benci Basket Sebelum Gianna Menyadarkannya...

Selama TC di Batu bukan hanya fisik saja yang menjadi perhatian. Namun juga aspek lain seperti aspek taktik, teknik, dan psikologi.

Keempat aspek itulah yang menurut Jacksen diperlukan oleh sebuah tim dalam menghadapi kompetisi.

“Program semua antara lain fisik, teknik, taktik, psikologi juga karena sepakbola tidak lepas dari 4 aspek. Semua akan kita lakukan disini, cuma nanti kita dengan perjalannya waktu ada presentasi variasi, misal fisiknya lebih atau kurang. Taktik lebih atau kurang, teknik ya itu fluktuasi presentasi itu akan terjadi berjalannya waktu. Tapi untuk sementara jelas fisiknya lebih dibanding teknik dan taktik itu sudah pasti,” kata Jacksen.

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago memimpin latihan saat Training Center (TC) untuk persiapan liga musim 2020 di Lapangan Agrokusuma Batu, Jawa Timur, Senin (27/01/2020) pagi. KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago memimpin latihan saat Training Center (TC) untuk persiapan liga musim 2020 di Lapangan Agrokusuma Batu, Jawa Timur, Senin (27/01/2020) pagi.

Seluruh pemain akan digembleng latihan fisik oleh tim pelatih.

Persipura sendiri rencananya akan kedatangan pelatih fisik Bruno Araujo yang menyusul datang ke Batu tanggal 29 Januari mendatang.

Jacksen sendiri menyebut setidaknya butuh waktu 15-20 hari untuk mengembalikan kondisi fisik pemain yang ideal.

Namun program pengembalian kebugaran fisik bakal dipercepat mengingat akhir Februari nanti Liga 1 2020 sudah bergulir.

“Sebenarnya paling tidak 20 hari, tapi kita sudah punya waktu untuk itu. Ya pelatih selalu punya ilmu, ilmu tertentu untuk memajukan beberapa proses itu pasti. Kalo kalian lihat latihan kita tadi fisik sudah mulai ada, teknik sudah mulai ada,” ucap mantan pelatih Barito Putera tersebut.

“Kita pasti akan mempercepat proses karena waktunya tidak cukup tapi idealnya sekitar 15-20 hari tapi kita tidak ada waktu itu ya paling tidak 10 hari saja tim sudah harus berada dalam level yang cukup untuk ujicoba melakukan simulasi2,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com