Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengelilingi Stadion San Siro di Milan, Ternyata Ini Isi di Dalamnya

Kompas.com - 26/01/2020, 11:00 WIB
Alsadad Rudi,
Nugyasa Laksamana

Tim Redaksi

MILAN, KOMPAS.com - Stadion Giuseppe Meazza di San Siro, Milan, adalah salah satu stadion legendaris di Eropa.

Mulai dibangun pada tahun 1925, San Siro tercatat menjadi stadion dengan kapasitas terbesar di Italia dengan daya tampung sekitar 80.000 tempat duduk.

Pada Kamis (23/1/2020) kemarin, Kompas.com berkesempatan berkunjung ke San Siro dalam sebuah tur perjalanan yang disponsori Mola TV.

Setiap harinya, tur San Siro dibuka dari mulai pukul 09.30 sampai 18.00 waktu setempat. Tiket tur stadion dapat dibeli di loket yang terletak di gate 8.

Baca juga: Reaksi Para Pemain Garuda Select Datang ke Stadion Terbesar di Italia

Harga tiket tur di Stadion San Siro berada pada angka 18 euro, atau setara sekitar Rp 270 ribu.

Tak ada pendamping tur. Pengunjung hanya perlu mengikuti petunjuk tertulis yang disiapkan di lokasi.

Tur San Siro dimulai dari Museum San Siro. Di tempat ini pengunjung tidak boleh mengambil video. Tapi masih diizinkan untuk mengambil gambar.

Foto-foto momen bersejarah Stadion San Siro di masa lampau yang dipamerkan di Museum San Siro, Stadion Giuseppe Meazza, San Siro, Milan, Kamis (23/1/2020).Kompas.com/Alsadad Rudi Foto-foto momen bersejarah Stadion San Siro di masa lampau yang dipamerkan di Museum San Siro, Stadion Giuseppe Meazza, San Siro, Milan, Kamis (23/1/2020).

Museum San Siro berisi foto-foto mengenai sejarah pembangunan stadion tersebut, serta sejumlah momen-momen penting yang pernah terjadi, salah satunya saat dipakai di Piala Dunia 1990.

Tak cuma soal bangunan stadion, di dalam museum juga terdapat foto-foto momen bersejarah dari tiga tim yang menjadi pengguna stadion milik Pemerintah Kota Milan itu, yakni AC Milan, Inter Milan, dan tim nasional Italia.

Setiap foto-foto yang ditampilkan juga dilengkapi model seragam tim yang dipakai saat momen bersejarah itu terjadi.

Baca juga: Juventus Berpeluang Jadi Pemilik Baru San Siro

Contohnya, jersey Paolo Maldini saat mengantarkan AC Milan meraih scudetto tahun 1999. Ketika itu, jersey AC Milan masih menggunakan sponsor utama bertuliskan produsen mobil asal Jerman, Opel.

Jersey bertuliskan nama Paolo Maldini dan Zlatan Ibrahimovic yang dipamerkan di Stadion Giuseppe Meazza, San Siro, Milan.Kompas.com/Alsadad Rudi Jersey bertuliskan nama Paolo Maldini dan Zlatan Ibrahimovic yang dipamerkan di Stadion Giuseppe Meazza, San Siro, Milan.

Ada pula foto momen timnas Italia saat berhadapan dengan Korea Selatan di Piala Dunia 2002. Ketika itu, Fransesco Totti dkk masih menggunakan jersey combat buatan Kappa yang banyak dinilai sebagai seragam paling revolusioner itu.

Uniknya, di Museum San Siro juga dipamerkan jersey para pemain terkenal dari tim-tim lain di luar AC Milan, Inter, dan timnas Italia.

Contohnya, jersey AS Monaco musim 1997-1998 milik Thierry Henry, jersey Real Madrid dengan nomor 5 milik Zinedine Zidane, ataupun jersey timnas Uruguay milik Diego Forlan.

Biasanya, mereka adalah pemain dari tim lawan yang pernah berhadapan dengan tiga tim pengguna Stadion San Siro.

Baca juga: Pemerintah Kota Milan Akan Jual Stadion San Siro Seharga Rp 1 Triliun

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com